Connect with us

Advetorial

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna Istimewa HUT Tanggamus ke 25

Published

on

Tanggamus : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Tanggamus ke-25 dan HUT Provinsi Lampung ke-58 Tahun 2022.

Rapat paripurna istimewa dipimpin oleh Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, didampingi Wakil Ketua II Tedi Kurniawan, dan Wakil Ketua III Kurnain, dan dihadiri sebanyak 33 anggota DPRD Tanggamus.

Hadir dalam Paripurna tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Komandan Kodim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Wakapolres Tanggamus, Kajari Tanggamus, Yunardi S,H, M,H. Para Asisten, dan Kepala OPD se Tanggamus. Rapat paripurna tersebut juga diikuti oleh seluruh Camat dan Kepala Pekon se-Tanggamus melalui Zoom Meeting.

Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Heri Agus Setiawan menyampaikan, dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tanggamus yang ke-25 tahun, dalam hal ini tentunya memiliki makna yang cukup mendalam. Dimana sejak berdiri pada 21 Maret 1996 sampai dengan hari ini, Kabupaten Tanggamus telah terjadi percepatan pembangunan baik fisik maupun non fisik, pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan telah banyak prestasi yang ditorehkan baik tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional.

“Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus mengajak seluruh jajaran pemerintah Daerah, pemangku kepentingan, seluruh elemen dan lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Tanggamus untuk menjadikan momentum hari jadi Kabupaten Tanggamus ini agar kiranya kita saling bahu membahu merancang, menggali potensi-potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Tanggamus dalam rangka memajukan dan meningkatkan perekonomian di masyarakat,” ujarnya.

Heri menambahkan, bertepatan hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus pada hari ini juga, kita masyarakat Provinsi Lampung memperingati hari Ulang Tahun Provinsi Lampung yang ke-58. Provinsi Lampung memisahkan dan berdiri sendiri dari Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 18 Maret 1964. Dengan perkembangan dari waktu ke waktu Provinsi Lampung telah memiliki 13 Kabupaten dan 2 Kota. Selama 58 tahun terakhir, telah banyak kemajuan yang sangat signifikan baik pembangunan fisik maupun non fisik, Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Provinsi Lampung.

“Seiring dengan perjalanan waktu, semoga Provinsi Lampung menjadi Provinsi yang dapat sejajar dengan provinsi lainya di Indonesia, dapat terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Kami atas nama pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-58 “Bangkit Bersama Mewujudkan Lampung Berjaya”, ungkapnya.

Sementara Bupati Tanggamus atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan Dirgahayu Provinsi Lampung ke-58, Semoga Provinsi Lampung semakin maju dan berjaya. Sinergi antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus selalu kita laksanakan. “Bapak Gubernur Lampung kemarin hadir langsung dan membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tanggamus, sekaligus beliau menyerahkan DIPA kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Cukup banyak program-program Pemerintah Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Bupati menyampaikan, telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

“25 Tahun yang lalu, atau tanggal 21 Maret 1997, Kabupaten Tanggamus secara resmi berdiri. Tidak terasa Kabupaten Tanggamus telah berusia seperempat abad, suatu rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah,” ungkapnya.

Lanjutnya, Tema Peringatan HUT Tanggamus kali ini,adalah: “Wujudkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Melalui Masyarakat yang Sehat, Inovatif, Berdaya Saing dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional”.

“Seperti kita tahu, Walaupun dengan segala keterbatasan, karena masih dilanda Pandemi Covid-19, namun Kabupaten Tanggamus berhasil meraih Prestasi dan Penghargaan, masih terus mampu membangun dan memberikan yang terbaik bagi seluruh Warga Masyarakat dan membawa nama harum Kabupaten Tanggamus,” lanjutnya.

Berikut pencapaian Kabupaten Tanggamus:

1. Meraih opini WTP. Secara total dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, Kabupaten Tanggamus telah meraih 6 kali Raihan WTP dari BPK, yaitu Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

2. Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan Raihan Juara Umum untuk 5 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2021. Penyelenggaraan Tahun 2020 ditunda, dilaksanakan tahun 2021.

3. Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, selama 3 tahun berturut-turut (2019-2021), dari Kemenkum HAM RI.

4. Meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021, dari BKKBN.

5. Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2021 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak.

6. Meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

7. Meraih Top pembina BUMD award pada tahun 2020 dan 2021.

8. Meraih Penghargaan Tribun Lampung Award, sebagai Kepala daerah dan BUMN yang telah membuat program Pro-Rakyat dalam penanganan Covid-19.

9. Meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian LHK yang diraih Pekon Ngarip.
10. Meraih penghargaan Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Utama.

11. Tanggamus ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi.

12. Predikat “B” SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN RB.

13. Menerima Penghargaan Kabupaten TERINOVATIF pada acara Innovative Goverment Award
(IGA) dari Kemendagri.

14 Meraih predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI.

15. Masuk 8 Besar dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, dengan
video Pelayanan berjudul “Senja Yang Indah”.

16. Meraih Juara I Kriya Terbaik dan Stand Terbaik Lampung Craft Tahun 2021, dan Juara Stand Kreatif dan Terinovatif Kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021.

17. Meraih Perpustakaan Terbaik Nasional dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan Juara I Nasional Film VLOG dengan judul Geliat Ratu (Gerakan Literasi Tanggamus) tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

18. Meraih Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) Awards 2021 oleh Kementerian Pertanian. Selain itu, Kabupaten Tanggamus mendapat Predikat “Pejuang Kakao Nasional” Tahun 2021 oleh Dewan Kakao Indonesia Kementan RI.
19. Meraih 2 prestasi pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2021, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, yaitu;
a. Juara I Stand Terinspiratif.
b. Juara I Putri Otonomi Daerah 2021 yang diraih oleh Sdri. Mega Diana Zamzam.

20. Alhamdulillah, dalam upaya Percepatan Vaksinasi, Target nasional yaitu 70% warga tervaksin di awal tahun 2022 telah berhasil dicapai. Sampai hari kemarin prosentase warga yang telah di Vaksin di Kabupaten Tanggamus dengan sasaran 471.722 orang, Cakupan untuk Dosis I sekitar 86,55%, Dosis II sekitar 59%, dan Dosis III masih 2,3%. Sidang Paripurna Istimewa yang terhormat,Beberapa CAPAIAN program 55 Aksi yang dapat kami sampaikan, diantaranya:

21. Dalam Program Pemberantasan Buta Aksara Alqur’an, setiap tahun melaksanakan Gebyar TPA, MTQ Tingkat SD/SMP, Gebyar Anak Sholeh, MTQ KORPRI, Gebyar TPQ, dan lain-lain.

22. Setiap Tahun memberikan Insentif dan bantuan operasional bagi Guru Ngaji (302 orang), Majelis Taklim (1800 Kelompok), Marbot (1000 orang), Penceramah (302 orang), dan P3N (35 orang).

23. Setiap tahun melaksanakan Pemberian Beasiswa Pendidikan.

24. Setiap tahun melaksanakan kegiatan peningkatan Wisata Religi untuk Semua Agama, Umroh kepada 53 orang, 1 Kelompok Ziarah Rohani Katholik dan 1 kelompok Ziarah Rohani Protestan.

25. Setiap tahun memberikan bantuan renovasi dan pembangunan Tempat Ibadah, Pondok Pesantren, TPA, dan lain-lain. Pada setiap Safari Ramadhan diberikan kepada 20 Masjid dan 60 Musholla.Dengan total anggaran Rp.1,12 Milyar.

26. Memberikan bantuan kepada UMKM, KWT dan terus membentuk Sai Pekon Sai Produk.

27. Sampai saat ini Program Ambulans Pekon telah terealisasi 298 Ambulans Pekon dari 299 Pekon
yang ada seKabupaten Tanggamus. Tinggal tersisa 1 Pekon (Atar Lebar-BNS), dikarenakan lokasi medan transportasi yang sangat menyulitkan sehingga belum dapat diakomodir.

28. Sampai saat ini seluruh 17 unit Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus telah terpasang alat USG.

29. Peningkatan layanan Home Care dan Layanan kesehatan Lansia dimana telah tercetak 8.430 buah Kartu Lansia ditahun 2021.

30. Pembangunan Stadion Gelora Tanggamus, telah rampung dilaksanakan dan sedang diupayakan untuk kita resmikan.
31. Kegiatan Jum’at Bedah Rumah Tidak Layak Huni. Dilakukan pemugaran sebanyak 140 rumah bersumber APBD dan 840 rumah bersumber APBN.

32. Revitalisasi BUMD telah dilaksanakan kepada 3 BUMD yaitu BPR Syariah Tanggamus, PT. Aneka Usaha Tanggamus Jaya dan PDAM Way Agung Penambahan 2 Unit Mobil e-KTP Keliling;

33. Telah diterbitkan PERDA Tentang Perlindungan Produk Lokal, yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 3 Tahun 2019.

34. Telah Meningkatkan Insentif Bagi Tenaga Non ASN Bidang Pendidikan, yaitu Guru Sekolah Negeri (1.549 Orang), Staf Sekolah Negeri (794 Orang), Guru Honor Murni (1.727 Orang).

35. Peningkatan Bantuan Operasional dan Insentif Tendik PAUD dan Tenaga Kependidikan, untuk
Guru PAUD (1.229 Orang)

36. Peningkatan Bantuan Operasional Posyandu dan Kader Posyandu serta meningkatkan pembinaan/pelatihan kader Posyandu Balita dan kader Lansia. Setiap Tahun dibayarkan Insentif kepada 4.888
Kader dengan total anggaran Rp.2,59 Milyar.

37. Bupati berkantor di Kecamatan, Membentuk Tim Sapu Bersih Pelayanan Mengecewakan (Saber Pekan), memangkas birokrasi perijinan yang tidak efektif dan efisien dengan membuat Sistem Aplikasi RATU SIKOP (Ramah, Amanah, Tegas Unggul – Sistem Komputerisasi Perizinan) yang Terintegrasi.

38. Program Akte Kelahiran Gratis dan dapat diterima masyarakat di Klinik Bersalin, Puskesmas dan Rumah Sakit. Tahun 2021 Terealisasi 5.431 Akte. Pengembangan/Pelestarian Seni Budaya, menerima Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) yang terdiri dari Belah Ketupat (Seni Rupa), Festival Teluk Semaka (FTS), dan Pencak Khakot (Seni Gerak). Hal ini kita lakukan agar kekayaan intelektual tersebut tidak ditiru oleh pihak lain yang ingin mencari keuntungan.

Bupati menambahkan, hal yang tak kalah penting adalah tetap terjaganya situasi kondusif, aman tenteram dan damai. Karena dengan situasi yang kondusif itu, maka kita dapat menggerakkan dan mengarahkan
pembangunan untuk mengolah potensi nyata daerah ini, memenuhi harapan masyarakat secara langsung baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanggamus sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanggamus,” tutup Bupati. (ADV/SAP).

Advetorial

Sekda Mesuji Lepas Jemaah Haji Ke Tanah Suci Mekah

Published

on

Mesuji : Pemerintah yang Daerah Kabupaten Mesuji laksanakan pelepasan calon jama’ah haji kabupaten Mesuji tahun 1443 H / 2022 M, di Masjid Agung Al Muhajirin Desa Simpang Pematang, Mesuji 18 Juni 2022.

Acara di hadiri oleh penjabat Bupati Mesuji di wakili oleh sekda kabupaten Mesuji, ketua DPRD kabupaten Mesuji, Kapolres Mesuji, Dandim 0426 Tulang Bawang, kepala Kemenag kabupaten Mesuji, Pejabat perangkat daerah kabupaten Mesuji, camat se-kabupaten mesuji, anggota DPRD kabupaten Mesuji, ketua MUI kabupaten Mesuji, kepala desa yang sempat hadir.

Kepala Kemenag Kabupaten Mesuji Drs. H.Karwito, M.M. melaporkan jumlah calon jama’ah haji yang akan berangkat yaitu laki laki 26 orang, perempuan 24 orang. Umur tertua 64 tahun 10 bulan dan umur termuda 21 tahun 7 bulan.

Pada kesempatan ini, Penjabat Bupati Mesuji yang diwakili oleh sekdakab Mesuji Syamsudin,S.Sos. menyampaikan pesan agar tetap mengunakan dan mentaati protokol kesehatan serta senantiasa menjaga nama baik kabupaten Mesuji. Semoga diberikan kemudahan Kelancaran dari keberangkatan hingga kembali ke kabupaten Mesuji senantiasa memelihara kekompakan dan kebersamaan.

Di sampaikan juga bahwa rombongan Jamaah Haji ini akan didampingi seorang petugas Tim Pendamping Haji Indonesia dari Kementerian Agama, oleh sebab itu saya minta kepada Tim Pendamping untuk dapat mengiringi dan memandu Jemaah Calon Haji, dan kepada para Jemaah calon Haji untuk senantiasa Disiplin mengatur waktu dan mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh pendamping.

Saya titip kepada jama’ah calon haji, kiranya selain berdoa untuk diri dan keluarganya, juga berkenan untuk berdoa demi Kabupaten Mesuji agar kabupaten yang kita cintai ini senantiasa mendapatkan ridho dari Allah SWT agar semakin maju dan sejahtera serta terbebas dari segala bencana, karena saya yakin doa dari para jemaah haji sangat mustajabah. Ucapnya.

untuk Tim Pendamping Haji dari kabupaten Mesuji saya mengharapkan agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga kehadiran Saudara di tengah-tengah jemaah calon haji akan dirasakan sangat berarti, khususnya untuk kelancaran pelayanan yang diberikan kepada jemaah calon haji, mulai dari tanah air, selama dalam perjalanan, hingga kembali lagi di Kabupaten Mesuji. Tegas sekdakab

Atas Nama Saya pribadi dan Pemerintah Kabupaten Mesuji Dan Mewakili Penjabat Bupati Mesuji Bapak Drs Sulfakar MM Kami mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan Ibadah Haji, seraya memohon ridho Allah SWT Dan Dengan mengucap “Bismillahirrohmirrohim”, Jama’ah Calon Haji Kabupaten Mesuji Tahun 1443 H / 2022, secara resmi saya nyatakan dilepas. (ADV/Agus)

Continue Reading

Advetorial

Alhamdulillah, Dengan Dana Desa Jalan Kampung Bumi Harapan di Bangun

Published

on

MESUJI : Dengan kesepakatan bersama Atau melalui musyawarah Kampung, Pemerintah Desa Melakukan Kegiatan pembangunan jalan. Yang terletak di RK 02 RT 02 Kampung Bumi Harapan Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Senin 24/05/2022.

Pembangunan jalan tersebut di anggarkan dari Dana Desa, Dengan volume = 200x3x0.10 Dengan Nilai Anggaran = Rp 48.946.500. Dengan pembangunan jalan tersebut menjadi trobosan awal dari Bapak Barkah selaku Kepala Kampung yang Baru menjabat.

Saya senang mas dengan pembangunan jalan ini yang dulu nya agak susah untuk di lewati, Sekarang jadi mudah untuk di lewati. Semoga aja pemerintah Kampung kami selalu semangat untuk membangun dan memberi trobosan trobasan baru untuk kampung, agar tidak kalah atau ketinggalan dari Kampung Kampung yang lain. Ujar salah satu warga RK 02 RT 02.

Dengan terleasasinya jalan Subasse ini, mudah mudahan semua Masyarakat senang dan merasakan manfa’at dari pembangunan jalan tersebut khusus nya masyarakat Kampung Bumi Harapan. Saya akan terus berbenah dan membangun untuk kesejahteraan masyarakat kampung saya. Tegas Bapak Barkah.

Saya selaku Kades Bumi Harapan mewakili masyarakat berterimakasih Kepada Pemerintah, Yang telah menurunkan bantuan melalui Dana Desa (DD). Guna untuk membangun dan kesejahteraan masyarakat, Semoga tidak hanya Dana Desa saja yang kami terima. Masih banyak yang kami butuhkan selain dari Dana Desa. Tutup Kades Barkah.
(ADV Agus s)

Continue Reading

Advetorial

Lantik 3 Pj. Bupati, Zaidirina Jabat Pj. Bupati Tulangbawang Barat

Published

on

Tulangbawang Barat : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Melantik mengambil Sumpah Jabatan tiga Penjabat (Pj) Bupati untuk Kabupaten Pringsewu, Mesuji dan Tulang Bawang Barat (Tubaba), di Balai Keratun, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Minggu (22/5/2022).

Pada kegiatan tersebut Gubernur melantik Sulpakar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung sebagai Pj Bupati Mesuji, kemudian Adi Erlansyah Kepala Bapenda Provinsi Lampung sebagai Pj Bupati Pringsewu, dan Zaidirina Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung sebagai Pj bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Adapun pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 131.18-1228 Tahun 2022, Kemudian Nomor : 131.18-1229 Tahun 2022 dan Nomor 131.18-1230 Tahun 2022, Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Pringsewu, Penjabat Bupati Mesuji, dan Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung.

Menurut Gubernur, kegiatan hari ini merupakan pemenuhan atas ketentuan
peraturan perundang-undangan dalam hal
pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah
dan Wakil Kepala Daerah Mesuji, Tulang Bawang
Barat dan Pringsewu, yang habis masa
jabatannya pada tanggal 22 Mei 2022.

Sementara, tahapan penyelenggaraan Pemilihan
Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang
habis masa jabatannya pada Tahun 2022, 2023
dan 2024, akan dilaksanakan bersamaan dengan
Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil
Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Selain melantik dan mengambil sumpah jabatan, pada kegiatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dari Bupati yang telah habis masa jabatannya kepada Pj Bupati.

Dalam sambutannya, Gubernur mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu Sujadi Saddat dan Wakilnya Fauzi, kemudian Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad dan Wakilnya Fauzi Hasan, dan Bupati Mesuji Saply TH dan Wakilnya Haryati Cendralela yang telah selesai masa jabatannya.

“Atas pengabdian yang telah Saudara-saudara berikan selama ini di masing-masing
daerah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan
daerah Kabupaten Mesuji, Kabupaten
Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Pringsewu
yang telah dicapai hingga saat ini, merupakan
hasil kerja keras, buah pemikiran, cipta, rasa dan
karsa yang telah Saudara-Saudara curahkan, oleh karenanya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan Terimakasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya,” ucap Gubernur.

Selanjutnya kepada para pejabat struktural Pemerintah Provinsi Lampung yang baru saja dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Penjabat Bupati, Gubernur ingatkan bahwa
Jabatan ini bersifat sementara.

Oleh karenanya Gubernur meminta untuk segera menyesuaikan
diri, menetapkan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menjaga
harmonisasi daerah, menjaga kondusifitas
kehidupan bermasyarakat, mempercepat
pemenuhan pelayanan publik, serta
merealisasikan pembangunan
daerah yang telah ditetapkan sebelumnya dalam
Rencana Strategis maupun Rencana Kerja
Daerah, demi terwujudnya Masyarakat
Lampung Berjaya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengingatkan bahwa Penjabat Kepala Daerah, memiliki peran,
fungsi dan kewenangan sebagaimana telah
diatur dalam ketentuan peraturan perundang- undangan.

Berdasarkan Peraturan
Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008 tentang
Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah
Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan,
Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian
Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, maka
Penjabat Kepala Daerah dilarang untuk :

1. Melakukan mutasi pegawai;
2. Membatalkan perijinan yang telah
dikeluarkan oleh pejabat sebelumnya
dan/atau mengeluarkan perijinan yang
bertentangan dengan yang dikeluarkan oleh
pejabat sebelumnya;
3. Membuat kebijakan tentang pemekaran
daerah yang bertentangan dengan kebijakan
pejabat sebelumnya; dan
4. Membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan dan program pembangunan pejabat sebelumnya.

Selain hal tersebut, menurut Gubernur terdapat sejumlah tugas penting dan strategis untuk segera ditangani dan dilaksanakan Penjabat Bupati yaitu Menyelenggarakan pemerintahan daerah di Kabupaten dan Memfasilitasi Tahapan Pemilukada di wilayahnya masing-masing.

“Selanjutnya beberapa pokok yang perlu
saya sampaikan kepada Penjabat Bupati yang
baru dilantik dalam kesempatan yaitu,” lanjutnya

“Menyelenggarakan Pemerintahan Daerah
di kabupaten masing-masing sesuai
ketentuan Perundang-Undangan yang
berlaku, kemudian Menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antar tatanan
Forkopimda, Parpol dan seluruh lapisan
masyarakat sehingga penyelenggaraan
pemerintahan, pembangunan dan
kemasyarakatan di Kabupaten dapat
berjalan lancar, aman dan tertib.
dan yang terakhir Menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,” papar Gubernur.

Kemudian, selain itu Gubernur juga meminta kepada segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, DPRD Kabupaten, perangkat daerah, tokoh masyarakat, maupun unsur-unsur lintas sektoral lainnya yang ada di Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulangbawang Barat dan Kabupaten Pringsewu, untuk senantiasa mendukung
Penjabat Bupati yang baru saja dilantik dalam
melaksanakan pembangunan dan mengelola
pemerintahan di masing-masing daerah.

Kemudian terkait Kebijakan perpanjangan atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau yang lebih sering disingkat dengan PPKM, yang untuk sementara akan berakhir pada tanggal 23 Mei 2022 dengan mempertimbangkan kondisi faktual tingkat paparan Covid-19 dan pencapaian vaksinasi bagi masyarakat, Gubernur meminta untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

“Di masa transisi ini, Saya menghimbau
kepada segenap institusi serta warga masyarakat Provinsi Lampung sampai di pedesaan, untuk tetap antisipatif serta menjaga kebiasaan pola hidup bersih dan sehat dalam segala aktifitas kesehariannya,” pungkasnya (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung). (ADV/Jonsi)

Continue Reading

Trending