Connect with us

Apa Kabar Lampung

Masuk 5 Besar, Desa Srikaton Gelar Rakortim Pembinaan Kabupaten Lampung Selatan

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, masuk 5 besar dalam penilaian administratif yang dilakukan oleh tim penilai pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022.
Keputusan tersebut tertuang dalam berita acara hasil penilaian Admistratif lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Lampung tahun 2022 dengan Nomor : 411.1/01/BA/TPLD/V.12/2022 tanggal 9 Juni 2022, yang telah ditentukan 5 Desa dan 3 kelurahan terbaik untuk mengikuti tahapan selanjutnya.
Desa Srikaton masuk kedalam 5 besar bersama dengan 4 desa lainnya, yaitu Desa Bandar Agung Kecamatan Terusan Nyunyai Kabupaten Lampung Tengah, Kampung Warga Makmur Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat dan Desa Braja Gemilang Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur.
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kembali melaksanakan rapat koordinasi guna mempersiapkan kedatangan tim penilai Provinsi ke Desa Srikaton, untuk melaksanakan verifikasi lapangan pada tanggal 20 Juni 2022 mendatang, Kamis (16/6/2022).
Adapun, rapat ini dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang kemasyarakatan Eka Riantinawati, S.KM., M.M., serta dihadiri Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra Yespi Cory, Kepala Dinas PMD Erdiasyah S.H, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta S.Ag dan Kepala Desa Srikaton Sugiman beserta aparatur.
Dalam arahannya, Eka Riantinawati mengatakan agar seluruh jajaran dapat saling berkoordinasi dalam mempersiapkan kedatangan tim verifikasi lapangan, sehingga dalam proses penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung nanti desa Srikaton dapat memberikan yang terbaik dan dapat lolos ke tahapan selanjutnya.
“Diharapkan Pemerintah Desa Srikaton beserta masyarakatnya dan semua instansi terkait harus sudah siap, sebagai upaya untuk memberikan yang terbaik dalam persiapan lomba desa tingkat provinsi, sehingga nantinya Lampung Selatan bisa menjadi yang terbaik pada saat penilaian, semoga dari hasil lima besar ini bisa menjadi peringkat ke 1 tingkat provinsi,” ujarnya.
Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto juga mengatakan agar Pemerintah Desa Srikaton beserta masyarakat harus lebih bersemangat dalam menghadapi Lomba Desa Tingkat Provinsi.
Melalui Koordinasi dan kebersamaan gotong royong seluruh jajaran terkait, Dirinya yakin, Desa Srikaton dapat dengan mudah memasuki tahapan selanjutnya. Bahkan, bisa mewakili Provinsi Lampung dalam ajang Lomba Desa Tingkat Nasional.
“Dengan kebersamaan persolanan apapun yang dihadapi bisa kita selesaikan dengan mudah. Untuk itu, kita semua harus bersama-sama untuk mengahadapi lomba desa ini, koordinasi dan komunikasikan, kekurangan apa saja dari segi aspek penilaian yang perlu diselesaikan agar segera di lengkapi. Jadi, ketika tim penilai dari provinsi hadir kita semua sudah siap secara maksimal,” kata Winarni.
“Semoga segala usaha dan upaya kita semua dalam mempersiapkan lomba desa tingkat Provinsi bisa membuahkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan kita semua, yakni Desa Srikaton bisa menjadi desa yang berprestasi dan menjadi yang terbaik 1 tingkat provinsi,” tuturnya. (Kmf/Eko)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Wabup Ardian Ke Desa Sukamaju Pastikan Vaksinasi Sapi

Published

on

By

Lampung Utara : Untuk memastikan kesehatan hewan jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Lampura melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dusun Sukajadi, Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli. Kamis (30/6/2022).

‎”Memang, penyakit ini bukanlah penyakit yang membahayakan bagi manusia, PMK dpt menimbulkan kematian pd ternak sapi, oleh karenanya kami ingin memastikan bahwa hewan – hewan ternak di Lampung Utara ter bebas dari PMK,” kata Wakil Bupati Ardian Saputra.

‎Langkah antisipasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan karena sebentar lagi akan menghadapi hari raya Idul Adha. Hewan – hewan ternak seperti sapi menjadi salah satu hewan kurban yang paling diminati oleh warga. Dengan antisipasi vaksinasi ini diharapkan hewan – hewan tidak tertular PMK.

“‎Sejatinya vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah yang ketiga, namun memang peluncurannya secara resmi dilakukan hari ini,” jelas Wabup.

Di sisi lain, ‎Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan menjelaskan, sejauh ini telah ada 3-4 kabupaten di Lampung yang telah terpapar PMK. Namun, untungnya, Lampung Utara tidak termasuk ke dalamnya. Kendati demikian, berdasarkan informasi, sejumlah hewan ternak di beberapa desa telah menunjukkan gejalan ke arah sana. ‎Inilah mengapa harus dilakukan vaksinasi pada hewan – hewan ternak. ‎Adapun jumlah vaksin PMK yang telah diterima di Kab. Lampung Utara dari Pemprov Lampung adalah 3.500 dosis.

“Dan yang telah terdistribusikan ada 600 dosis‎, belum termasuk pelaksanaan hari ini. Vaksinasi ‎telah dilakukan di antaranya di kec. Kotabumi, Abung Surakarta, Kotabumi Selatan, dan Abung Semuli,” katanya.

” Kita optimis 3.500 dosis vaksin yg diterima akan selesai divaksinkan s/d 5 Juli 2022, mengingat populasi ternak sapi Lampung Utara lebih dari 30.000 ekor,’ Imbuh Sofyan.

(DiskominfoLU)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Sambangi Korban Kejahatan, Kajari Lampura Berikan TV

Published

on

By

Lampung Utara : Kejaksaan Negeri Lampung Utara ternyata memiliki komitmen besar terhadap kepedulian sosial dalam masyarakat.

Hari ini Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Utara, Mukhzan,SH.,MH., menyambangi kediaman Ratu Maskur, di jalan Suhada II, Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, sekitar pukul 14.30 WIB.

Ratu Maskur diketahui merupakan korban dari perbuatan tersangka Adi Rahmat yang notabene anak Ratu Maskur sendiri, dalam perkara 335 Ayat (1) ke-1 KUHP. Perkara ini juga telah dilaksanakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restorasi (Restoratif Justice) pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2022.

Kajari Lampung Utara Mukzan ,SH.,MH., didampingi Kasi Pidum, Qori Mustikawati, SH.,MH., beserta JPU yang menangani perkara tersebut Chandra Wijaya, SH.,MH memberikan 1 (satu) unit TV kepada Ratu Maskur.

” Pemberian TV tersebut sebagai tindaklanjut dari RJ (restorative Justice) yang dilaksanakan oleh Kejaksaaan,” Kata Mukhzan, Rabu (29/6/2022).

” Pemberian ini untuk memulihkan atau mengembalikan kerugian korban yang mana sebelumnya tersangka (Adi Rahmat) merusak 1 unit tv milik korban,” Imbuhnya.

Kaget, campur rasa haru dan bahagia dirasakan keluarga besar Ratu Maskur. Hal ini tak disangka-sangka oleh mereka, karena kedatangan orang nomor satu korps adhyaksa di Lampung Utara beserta rombongan para jaksa.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Wabup Ardian Pimpin Rakor TPID

Published

on

By

Lampung Utara : Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Rakor yang dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Lampung Utara Ardian Saputra, S.H., didampingi Sekda Drs. H. Lekok, M.M., dan Plt. Asisten II H. Sofyan, M.M., tersebut berlangsung di Ruang Siger Setdakab Lampung Utara, Rabu (29/06/2022). Hadir juga Kepala BPS, Kepala Bulog, Kemenag dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Dalam Rakor tersebut, Wabup mengarahkan agar Dinas terkait segera melakukan berbagai langkah strategis terkait pemeriksaan hewan qurban agar tidak menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di masyarakat, sekaligus memastikan bahwa semua hewan qurban di Lampung Utara terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Segara dilakukan pemeriksaan hewan kurban baik di peternak maupun di lapak-lapak penjualan hewan qurban, sehingga tingkat kepercaya masyarakat meningkat bahwa di Lampung Utara tidak ada hewan yang terjangkit PMK,” tegas Wabup.

Sementara itu, sambung Wabup, untuk Dinas Perdagangan dan Bulog diharapkan dapat mengantisipasi kekurangan stok pangan dan kenaikan 11 bahan kebutuhan pokok. Hal ini mengingat tingginya permintaan kebutuhan pokok jelang lebaran.

Selain itu, tak kalah pentingnya juga sosialisasikan arahan Pemerintah Pusat terkait pembelian Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) dengan mengunakan Aplikasi Peduli Lindungi sehingga tata kelola distribusi MGCR menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

Pada kesempatan yang sama, Sekda mengingatkan bahwa Pemerintah harus berada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi terbaik mengingat pada kondisi saat ini adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok.

Sehingga tidak ada keresahan masyarakat tentang kebutuhan bahan pokok makanan menjelang lebaran Idul Adha. Untuk itu segera laksanakan sosialisasi ke masyarakat dan melakukan koordinasi ke kabupaten-kabupaten se Provinsi Lampung apa bila ada lonjakan harga kebutuhan pokok.

“Semua kita lakukan dengan tujuan semua kebutuhanan masyarakat dapat terpenuhi. Oleh karenanya pada dinas dan instansi terkait segera ambil berbagai langkah kongkrit dalam mengantisipasi kenaikan harga dan ketersedian bahan pokok,” ucap Sekda.

Pada Rakor itu juga diungkapkan bahwa Dinas Pertanian telah menerima vaksin PMK hewan ternak sebanyak 3.500 dosis dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk dilakukan penyuntikan pada ternak-ternak guna mengantisipasi penyakit PKM.

Kemarin (28/06), sudah uji coba 200 dosis di desa sumber arum kecamatan Kotabumi dan uji coba berjalan ukses. Sementara hari ini dilakukan penyuntikan di Kecamatan Abung Surakarta dengan target 300 – 500 dosis. Kamis di kecamatan Abung Semuli-Abung Timur. Rinciannya, Tanjung seneng 50 dosis, Sukamaju 50 dosis, Negara bumi 70 dosis, Sidomukti dan Bumijaya 230 dosis. Jumat di Kecamatan Abung Selatan 300 dosis. Senin depan di Kecamatan Bunga mayang 400 dosis, Selasa dan Rabu
Kecamatan Sungkai Utara 1000 dosis.

Sedangkn hasil monitoring perkembangan harga dan kebutuhan pokok masyarakat di sekitar pasar Kotabumi oleh Dinas Perdagangan diketahui beberapa harga kebutuhan pokok. Diantaranya, Beras Medium Rp10.000., perkilo, Gula Pasir Curah Rp14.000., minyak goreng curah Rp15.500., Tepung Terigu Rp14.000., Daging Sapi Paha Belakang Rp140.000., Telur ayam boiler Rp29.000., Cabe Rp85.000.

Sementara berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan terkait prognosa ketersediaan dan konsumsi bahan pangan kabupaten Lampung Utara 2022 dengan jumlah penduduk 634.117 jiwa, diketahui dari total produksi beras 91.633 ton, ada kelebihan atau surplus 39.224 ton beras. Sebab, jumlah ketersediaan untuk masyarakat tercatat 88.610 ton, sementara total konsumsi hanya 49.385.

(Diskominfo Lampura)

Continue Reading

Trending