Connect with us

Tanggamus

185 Calhaj Asal Tanggamus di Berangkatkan

Published

on

Kota Agung : Sebanyak 158 jamaah calon haji asal Kabupaten Tanggamus secara resmi dilepas Bupati Tanggamus, Selasa (21/6) di Aula Islamic Center Kotaagung.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmuddin Aris Rayusman, S. Ag., M. Pd. I., mengatakan, jamaah calon haji Kabupaten Tanggamus 1443 Hijriyah berjumlah 158 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 65 dan perempuan 93 orang. Jamaah calon haji itu masuk dalam kelompok terbang (kloter) 28.

“Setelah acara pelepasan keberangkatan, jamaah calon haji Kabupaten Tanggamus langsung berangkat menuju Asrama Haji di Bandar Lampung. Kemudian pada Rabu (22/6) calon jamaah haji akan berangkat dari Bandara Branti Lampung menuju Embarkasi Soekarno-Hatta di Jakarta. Diperkirakan jamaah haji tiba kembali pada 2 Agustus mendatang,” kata Aris Rayusman.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E, MM., dalam sambutanya mengatakan, keberangkatan para jamaah haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridha Allah subhana wata’ala.

“Ibadah haji merupakan ibadah yang cukup berat, disamping membutuhkan biaya yang besar juga kondisi fisik harus sehat dan kuat, karena dalam pelaksanaannya di perlukan fisik yang kuat dan sehat,” katanya.

Untuk itu, ia berpesan kepada jamaah calon haji agar ibadah haji yang akan dilaksanakan bisa membawa pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi sendiri tetap juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. Kemudian jamaah calon haji juga diharapkan dapat memahami hakikat dari ibadah haji yakni ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf.

“Semua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk kepada Sang Pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Tanggamus juga berpesan kepada para jamaah haji selama berada di tanah suci agar menjaga kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air.

“Untuk itu diharapkan kepada jamaah haji agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan,” pintanya.

Hadir dalam pelepasan haji tersebut ketua DPRD kabupaten tanggamus Heri Agus Setiawan, Forkopimda kabupaten tanggamus, asisten I bidang pemerintahan Paturahman, beberapa kepala OPD kabupaten tanggamus, kepala KUA Se-kabupaten tanggamus, 158 para jamah haji, keluarga para jamah haji. ( red/sap)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Tanggamus

Pesan Bupati Untuk Pejabat Yang Baru di Lantik

Published

on

Tanggamus : Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Melantik dan Mengambil sumpah Penjabat untuk Jabatan Administrator, Camat, Lurah, Kepala Sekolah, dan Jabatan Fungsional Guru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Pelantikan berlangsung di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Pemkab Tanggamus, Rabu (29/6/2022)

Hadir juga dalam pelantikan Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanisa, Kaban BKPSDM Aan Derajat, Kadis Pendidikan Yadi Mulyadi, Camat, Lurah dan para pejabat yang dilantik.

Pelantikan tersebut Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor: 821.2/606/43/2022 Tentang Pemberhentian Pemindahan Dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dari Dan Dalam Jabatan Camat Administrator Dan Lurah diLingkungan pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Kemudian Keputusan Bupati Nomor : 821.2/608/43/2022 Tentang Pemberhentian Dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dari dan dalam Jabatan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Dan Keputusan Bupati Nomor: 821.2/608/43/2022 tentang Pengangkatan Pertama Kali Dalam Jabatan Fungsional Guru.

Adapun Pejabat yang dilantik adalah Suwarno, S. Ag. Camat Sumberejo, Mahidin, SE.MM., Camat Ulu Belu, M. Ilham Nurmay, S.IP., Camat Gunung Alip, Kemudian Isman Hadi, SE., Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan, Royhan, SE., Sekretaris Kecamatan Kotaagung Barat, Nanak Supriadi, SE., Lurah Baros pada Kecamatan Kotaagung, Ida Bagus Ketut Budi Artama, S. Pd, Kepala SDN Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Yohanes Sudiyono, S. Pd., Kepala SDN Ketapang Kecamatan Limau, Nurhasanah, S. Pd. I., Guru Pertama pads SMPN 1 Air Naningan.

Untuk keseluruhan yang dilantik Eselon III a : 3 orang , Eselon III b : 5 orang, Lurah : 1 orang, Kepala Sekolah : 71 orang, dan Fungsional Guru: 8 orang, Total semua 88 orang.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan Mutasi, rotasi dan promosi ini adalah suatu hal biasa dalam rangka penyegaran dan peningkatan kinerja serta proses pengembangan karier bagi pegawai negeri sipil. Oleh karena itu diharapkan agar saudara-saudari terus meningkatkan kinerja dan kompetensi, Kecamatan dan kelurahan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat.

hal ini yang kemudian menjadikan Camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati untuk dilaksanakan dalam wilayah kecamatan dan kelurahan.

Oleh karena itu, diminta kepada camat dan lurah untuk meningkatkankoordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan lainnya. buat target-target kinerja mingguan dan evaluasi setiap akhir minggu sebagai bahan dalam merencanakan target kinerja selanjutnya.

Pada saat ini akan dilaksanakan pemilihan kepala pekon secara serentak, diminta kepada seluruh camat berserta jajarannya untuk menjaga kondusifitas dan kelancaran pelaksanaan pilkakon, tegas Bupati.

Lanjut Bupati, kurikulum Merdeka yang diluncurkan pada tahun 2022 merupakan bagian dari kebijakan Merdeka belajar yang diputuskan oleh Mendikbud pada akhir tahun 2019 yang menjadi kebijakan baru yang harus dilaksanakan oleh pemangku kebijakan pendidikan dari tingkat pertama hingga tingkat satuan pendidikan.

” Menyikapi kebijakan merdeka belajar peran kepala sekolah begitu penting terutama dalam konsep otonomi sekolah karena memiliki peran sebagai seorang leader sekaligus manajer. Tentu kepala sekolah perlu memahami poin penting dari kebijakan merdeka belajar secara utuh karena hal tersebut akan berkaitan dengan kebijakan yang akan diambil oleh kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dalam mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar di sekolah”.

Selanjutnya, Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS dan SE Menpan dan RB Nomor 16 Tahun 2022 tentang Kewajiban Mentaati Ketentuan Jam Kerja bagi Aparatur Sipil Negara, yang memuat bahwa ada 17 kewajiban dan 14 larangan, salah satunya adalah kewajiban masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja.

” Bagi ASN yang tidak masuk 10 hari kerja berturut-turut atau 28 hari kerja secara kumulatif dalam 1 tahun diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan saya mengajak kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintah
Kabupaten Tanggamus untuk mentaati ketentuan-ketentuan tersebut, Ujarnya”. (Sap/red)

Continue Reading

Tanggamus

Bupati Tanggamus Hadiri Penutupan Pelatihan PS Lampung Padang Guci

Published

on

Kotaagung Barat : Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Peresmian Berakhirnya Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci. Kandang Besi, Selasa (17/5/2022).

Hadir juga dalam kegitaan Ketua DPRD sekaligus ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Dalom Helmi, Stap Ahli Bupati Muhaimin Sastra Negara, Camat Kotaagung Barat Pirdaus, Uspika kecamatan, Beberapa Kepala Pekon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Seluruh Peserta Pencak Silat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Terima kasih dan Apresiasi Saya sampaikan kepada Panitia acara yaitu adik-adik Karang Taruna Kandang Besi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kegiatan ini terlihat begitu meriah dan Insyaallah sampai selesainya nanti dapat berlangsung sukses, damai dan lancar.

Acara ini merupakan peran serta para pemuda di dalam upaya pelestarian Seni dan Budaya masyarakat adat Lampung di Kabupaten Tanggamus.

Penghargaan dan ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada para tetua dan tokoh adat Lampung serta tokoh Silat Lampung di wilayah Kota Agung Barat, yang terus membimbing dan membina adik-adik peserta pelatihan Silat Lampung ini, mari terus jaga persatuan dan kesatuan, kita angkat Seni Budaya yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Lanjut Bupati ” Kegiatan Tamatan Pencak Silat Lampung yang kita laksanakan ini, merupakan sarana untuk mencintai seni dan budaya daerah kita menjadi peluang untuk meraih perestasi bagi generasi muda, tentunya secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan sumberdaya manusia di Kabupaten Tanggamus.

Karena salah satu tujuan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus selain pembangunan dibidang fisik, kita juga sangat memperhatikan pembangunan dibidang SDM.

Melestarikan budaya bertujuan supaya budaya asli negeri kita tidak tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu kita, tetap dapat menikmati hasil cipta rasa dan karsa pendahulunya.

Pemkab Tanggamus membutuhkan SDM yang handal di bidangnya, wadah seni beladiri seperti Pencak Silat Lampung ini harus dapat terus dilestarikan. Tentunya ini akan tercapai apabila kita mengikuti dan berseni dengan baik, yang pada akhirnya dapat membentuk karakter budaya yang akan menarik perhatian dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, khususnya di sektor Pariwisata.

Kita semua harus selalu proaktif menggunakan peluang dan kesempatan yang ada, Berbagai upaya harus dilakukan untuk mengangkat harkat dan martabat daerah yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan kita semua.

Harapan kedepan nya semoga kegiatan ini di agendakan terus secara rutin dan kedepan nya akan lebih membaik, kami dari pemerintah daerah siap mendukung dan mensupot kegiatan yang dilaksanakan ini, moga menjadi keberkahan untuk masyarakat kabupaten tanggamus”Tutup Bupati”.

ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh karang taruna pekon kandang besi dan mudah mudahan kegiatan ini dapat di contoh oleh karang taruna taruna lain dalam rangka melakukan kegaiatan positip bagi generasi pemuda kita sehingga kedepan generasi kuda kita menjadi generasi yang kuat dan sportip.

Kepala pekon kandang besi Mukhtar mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati tanggamus dan ketua IPSI yang telah bisa meluangkan waktu hadir dalam acara Peresmian Berakhirnya Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci hari ini, Karna kehadiran mereka merupakan penyemangat dan suport yang sangat besar agar dapat menunjang perestasi mereka kedepan nya (rls/sap)

Continue Reading

Tanggamus

LKS Alamanda Salurkan Bantuan Keluarga Almarhum Muhamad Fauzi

Published

on

Tanggamus : Respon cepat Kementerian sosial melalui balai Ciung Wanara Bogor dan LKS Alamanda menanggapi keluhan masyarakat di Tanggamus pada kesempatan ini dua lembaga sosial di bawah naungan kementerian sosial memberikan bantuan kepada 7 (tujuh) masyarakat di Tanggamus dengan tempat berbeda atas keluhan yang disampaikan melalui media-media online yang ada di Tanggamus. (Selasa, 19/04/22)

Salah satu bantuan yang di berikan Nila restu (Perwakilan dari balai Ciung Wanara), di dampingi Roswati (ketua LKS Alamada) adalah bantuan terhadap keluarga almarhum Muhamad Fauzi (35) anak ke-4 dari pasangan Solihin (65) dan Santimah (60) warga dusun Kebon Kelapa, pekon Banding Agung, kecamatan Talang Padang, Tanggamus.

Bantuan berupa uang tunai untuk melunasi biaya pengobatan almarhum dirumah sakit dimana di ketahui selama perawatan keluarga almarhum hanya bermodalkan KTP, karena terkendala biaya dan tidak memiliki BPJS gratis, sementara BPJS mandiri yang di miliki sudah menunggak beberapa tahun.

“Kami perwakilan dari Kemensos sengaja datang ke Tanggsmus dalam rangka merespon kasus yang masuk ke kementerian sosial RI, baik itu melalui pemberitaan media maupun dari LKS Alamada, disini kami memberikan uang tunai kepada keluarga almarhum untuk menyelesaikan urusan administrasi di RSUD dan bingkisan,” ujar Nila.

Sementara Roswati kepada awak media mengatakan hari ini kolaborasi 2 lembaga sosial ada 7 (tujuh) kunjungan kegitan memberi santunan dan bantuan dari Kemensos.

“Kunjungan kami pertama adalah assessment yang kedua langsung memberikan bantuan langsung kepada mereka keperluannya apa, untuk Febri yang ada di Rupit kami sudah dua kali kunjungan dengan memberikan bantuan modal untuk orangtuanya berupa mainan anak-anak, dan sama di tempat lain pun kami memberikan bantuan sesuai kebutuhannya masing-masing,” terang bunda Ros.

Pada kesempatan yang sama Ferlika (tokoh pemuda setempat) mengucapkan terimakasih atas kunjungannya dari Kemensos dan LKS Alamanda.
” Saya secara pribadi dan atas nama Keluarga besar almarhum mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah peduli tehadap kami dan terimakasih kami ucapkan untuk pak Ibnu Nizar dari basnas yang rencananya beliau akan melunasi tunggakan BPJS mandiri milik bapak Solihin,” terangnya.

Setelah memberikan bantuan rombongan dari Kemensos dan LKS Alamanda melanjutkan tugasnya.

Sampai berita ini diturunkan awak media belum mendapatkan informasi dari basnas terkait bantuan yang akan di berikan kepada pak Solihin.
( SAP/RED)

Continue Reading

Trending