Connect with us

Tanggamus

185 Calhaj Asal Tanggamus di Berangkatkan

Published

on

Kota Agung : Sebanyak 158 jamaah calon haji asal Kabupaten Tanggamus secara resmi dilepas Bupati Tanggamus, Selasa (21/6) di Aula Islamic Center Kotaagung.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmuddin Aris Rayusman, S. Ag., M. Pd. I., mengatakan, jamaah calon haji Kabupaten Tanggamus 1443 Hijriyah berjumlah 158 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 65 dan perempuan 93 orang. Jamaah calon haji itu masuk dalam kelompok terbang (kloter) 28.

“Setelah acara pelepasan keberangkatan, jamaah calon haji Kabupaten Tanggamus langsung berangkat menuju Asrama Haji di Bandar Lampung. Kemudian pada Rabu (22/6) calon jamaah haji akan berangkat dari Bandara Branti Lampung menuju Embarkasi Soekarno-Hatta di Jakarta. Diperkirakan jamaah haji tiba kembali pada 2 Agustus mendatang,” kata Aris Rayusman.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E, MM., dalam sambutanya mengatakan, keberangkatan para jamaah haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridha Allah subhana wata’ala.

“Ibadah haji merupakan ibadah yang cukup berat, disamping membutuhkan biaya yang besar juga kondisi fisik harus sehat dan kuat, karena dalam pelaksanaannya di perlukan fisik yang kuat dan sehat,” katanya.

Untuk itu, ia berpesan kepada jamaah calon haji agar ibadah haji yang akan dilaksanakan bisa membawa pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi sendiri tetap juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. Kemudian jamaah calon haji juga diharapkan dapat memahami hakikat dari ibadah haji yakni ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf.

“Semua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk kepada Sang Pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Tanggamus juga berpesan kepada para jamaah haji selama berada di tanah suci agar menjaga kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air.

“Untuk itu diharapkan kepada jamaah haji agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan,” pintanya.

Hadir dalam pelepasan haji tersebut ketua DPRD kabupaten tanggamus Heri Agus Setiawan, Forkopimda kabupaten tanggamus, asisten I bidang pemerintahan Paturahman, beberapa kepala OPD kabupaten tanggamus, kepala KUA Se-kabupaten tanggamus, 158 para jamah haji, keluarga para jamah haji. ( red/sap)

Tanggamus

DPC Ajoi Tanggamus Gelar Rakor Rencana Pindah Kantor Sekertariat

Published

on

Tanggamus – Pengurus Dpc Ajoi Tanggmus melaksanakan Kegiatan Rapat Kordinasi di Kantor Sektariat Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus, Lampung
Rabu (31/08/22).

Berbeda dari rapat-rapat Sebum nya dikarenakan Rapat Tahun ini ia salah satu yang di bahas Kepindahan Kantor Sektariat Dpc Ajoi Tanggamus Ke Jalan Utama di Pekon Suka Merindu kecamatan Talang padang

H.Budi Hartono Selaku Ketua Dpc Ajoi Tanggamus pada kesempatan Rapat Kordinasi membahas tentang kinerja Seluruh pengurus Ajoi Tanggamus selama hampir setahun ini serta membahas Program – program DPC Ajoi Tanggamus untuk kedepannya bisa lebih baik lagi di Tahun 2023

” Rapat kali ini membahas kinerja Seluruh Pengurus Dpc Ajoi Kabupaten Tanggamus Selama hampir setahun ini, Ia Alhamdullilah sudah bagus dalam menjalankan tupoksi nya masing – masing. Saya Berharap di Tahun depan harus lebih baik lagi” ucap Budi Selaku Ketua Dpc Ajoi Tanggmus. dan dilanjutkan Bersih Bersih Peralatan di kantor dikarnakan akan pindah kantor yang Beralamatkan di Pekon Suka Merindu Kecamatan Talangpadang Kabupaten

Disisi lain Sunaidi selaku dewan etik Dpc Ajoi Tanggamus menyampaikan kepada seluruh Dewan Pengurus Ajoi Tanggamus untuk selalu menjaga Kekompakan dan Tetap Solid, Karena Kita Satu profesi bernaung di wadah organisasi Ajoi dan sudah seperti Keluarga Sendiri.

“Untuk rekan-rekan yang tergabung di Dpc Ajoi Tanggamus, saya berharap kepada semua selalu kompak dan solid, karena kita ini adalah keluarga besar yang dalam hal satu Organisasi Profesi”, ujar Sunai Salah Satu yang di tuakan di Organisasi Dpc Ajoi Tanggamus.

Turut hadir dalam kegiatan Rapat Kordinasi di Sektariat Dpc Ajoi Tanggamus. Ketua Hi. Budi Hartono, Sekjen Wisnu arjo, Dewan etik Sunaidi, Bendahara Syarifudin dan anggota-anggota yang membidangi, rapat berjalan dengan lancar dan kondusif . ( SAP )

Continue Reading

Advetorial

Peringatan HUT RI Ke 77 Pemkab Tanggamus Berjalan Hikmat

Published

on

Tanggamus (JL) : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke 77, Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus, Rabu (17/8/2022).

Upacara peringatan HUT RI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya diikuti oleh Forkopimda dan pejabat terkait, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, dengan Komandan Upacara Letda. Kav. Mahroi dari Kodim 0424, dan Perwira Upacara Kapten. Inf. Juliani Abri yang juga Danramil Talang Padang.

Adapun petugas pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni; Tasya Devia putri sebagai pembawa bendera, asal sekolah SMAN 1 talang Padang, lalu Nofri Dwisa Handika sebagai pembentang bendera, asal sekolah SMAN 1 semak dan M. Ghani Khoiri, asal sekolah SMAN 1 kota agung sebagai penggerek bendera.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Forkopimda Kabupaten Tanggamus , serta Pimpinan Instansi Vertikal. Sementara Sekdakab Hamid H Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan.

Usai upacara, menyaksikan pertunjukan seni tari Reok dan dramben atas bimbingan polres Tanggamus dan dilakukan juga penyerahan secara simbolis remisi kepada para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.B Kotaagung, yang diterima oleh Kalapas Kelas II.B Kotaagung, Beni Nurahman.

Ziarah Makam Pahlawan

Prosesi ziarah diawali dengan Upacara Penghormatan kepada para Pahlawan, yang dipimpin oleh Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan, S.E.,M.M yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan tabur bunga di makam para Pahlawan.

Usai ziarah taman makam pahlawan Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan dalam ranggka memperingati HUT RI ke 77 yang bertemakan “Pulih lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”di harapkan seluruh elemen masyarakat tanggamus agar lebih meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, serta memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan demi Indonesia yang lebih maju.

Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid 19, dengan terus disiplin protokol kesehatan.

* Mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi*

Masih dalam rangkaian Peringatan HUT RI ke 77, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus mengikuti secara virtual, Upacara Peringatan Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.

Kegiatan ini juga diikuti Sekdakab, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus, secara virtual meeting dari ruang kerjanya masing-masing.

Dalam kegiatan ini, selain para peserta mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi, juga mengambil sikap sempurna ditempatnya masing-masing saat pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan.

Usai kegiatan, Bupati menyerahkan tali asih kepada Legiun Veteran Kabupaten Tanggamus, sebagai salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi atas perjuangan para veteran di masa merebut kemerdekaan dahulu.

* Upacara Penurunan Bendera Merah Putih*

Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI di Kabupaten Tanggamus ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pemkab Tanggamus, Rabu sore (17/8/2022.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Inspektur Upacara Wakil Bupati Tanggamus H.Am.Syafi’i ., dengan Komandan Upacara Ipda. Sukarjo (KBO Sabhara Polres Tanggamus) dan Perwira Upacara AKP. Sururudin (Kasat Sabhara Polres Tanggamus).

Adapun petugas penurun bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni M. Gani khoiri, sebagai penggerek bendera, lalu Novri Dwisa Hendika, sebagai pelipat bendera, dan Zaneta Rena sevyola, sebagai pembawa bendera.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Hj Dewi Handajani, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Forkopimda kabupaten tanggamus, serta Pimpinan Instansi Vertikal.

Sementara Sekdakab Hamid H Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan, mengikutinya secara virtual.

Dengan usainya Upacara Penurunan Bendera ini, maka usailah rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 77 di Kabupaten Tanggamus. (ADV)

Continue Reading

Tanggamus

Bupati Tanggamus Buka Secara Resmi Tournamen Bola Voli Bupati Cup

Published

on

Tanggamus : Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Menghadiri dan Membuka secara Resmi Turnamen Bola Voli Bupati Cup Tahun 2022. Acara berlangsung di Halaman Kantor Pekon Dusun Kampung Cina Pekon Siderojo Kecamatan Sumberejo. Senin (1/8/2022)

Bupati Hj. Dewi Handajani, mengapresiasi dan ucapan selamat atas terlaksananya kegiatan Tournamen bola voli Bupati Cup dan ini merupakan agenda rutin yang sering dilaksanakan
karena didalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat juga.

Bunda ucapkan terima kasih dengan piala Bupati Cup ini mudah mudahan ini menjadi ajang kompetisi yang sehat. Tetap bermain secara sportif dan kondusif serta untuk meningkatkan silaturahmi juga untuk meningkatkan kekompakan dan persaudaraan diantara kita, Katanya.

Dengan kerja sama kita dan kolaborasi yang baik akan lebih baik lagi kedepan. Kemudian terkait pembangunan infrastruktur harapan dari masyarakat akan kita evaluasi dan secara bertahap sehingga dapat terealisasi apa yang menjadi harapan dari masyarakat akan terpenuhi.

” Bunda ingatkan juga ayo kita beraktivitas tapi protokol kesehatannya tetap diperhatikan. Dan Bupati mengajak untuk menggelorakan semangat olahraga kita dan tetap menjaga kemanan dan kondusifitas dari kegiatan ini , semoga kedepan kita semakin maju dan jaya lagi, dan tetap semangat serta Tanggamus bisa mewakil dalam ajang olahraga Porprov Lampung, Ujarnya”.

Sementara Kepala Pekon Sidorejo Alyunus, mengatakan kegiatan Tournamen Bola Voli ini merupakan kegiatan rutin antar dusun dilaksanakan selama tiga bulan sekali dan sudah berjalan selama tiga hari.

Tournamen bola voli ini diikuti dari lima dusun yang ada di kecamatan Sumberejo dengan pemain putra puteri dan pergelaran yang keempat kalinya. Diberikan juga piala bergilir dari Bupati Tanggamus dan setiap dusun akan memperebutkan piala tersebut.

Harapannya dengan Tournamen bola voli ini akan tercipta bibit bibit yang bisa dimanfaatkan oleh tim unsur sehingga bisa mewakili Pekon untuk di pertandingkan ke ajang Tournamen lainnya serta kami optimis jika hasilnya mendukung bisa mewakili pekon siderejo untuk mengikuti ajang ke pekan olahraga Provinsi Lampung, Pungkasnya.

Diserahkan juga piala bergilir oleh Bupati Tanggamus dan bola voli dari dinas Pemuda Olahraga kepada panitia Tournamen bola voli Bupati Cup.

Hadir juga Anggota Dewan Puji Hariyanto dari Fraksi PDIP, Kadis Pemuda Olahraga Suyanto, Kadis PUPR Riswanda, Camat Sumberejo Suwarno, Babinkantibmas, Kepala Pekon Sidorejo Al Yunus, Para Kepala Pekon se Kec. Sumberejo, UPTD Puskesmas Sumberejo,Tokoh Masyarakat, dan Panitia. (rls/Humas)

Continue Reading

Trending