Connect with us

Bandar Lampung

Bertemu Kepala KSOP Kelas I Panjang, Guntur Gutawan Beberkan Fakta Sebenarnya Soal SPTI

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : DPC Khusus Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (F.SPTI/KSPSI) Pelabuhan Panjang beraudiensi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Panjang. Pertemuan dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus memaparkan legalitas SPTI yang benar dan berlandaskan hukum. Senin (01/8/2022).

Dalam audensi yang berlangsung di Aula Kantor KSOP Panjang Lampung, Ketua SPTI Pelabuhan Panjang, Guntur Gutawan mengatakan bahwa ada 18 orang pengurus di SPTI pelabuhan panjang, yang terdiri dari Ketua, Sekertaris, Bendahara serta pengurus lainya.

“Kronologi organisasi SPTI pelabuhan panjang, mungkin perlu tidak perlu, tetapi agar pihak KSOP panjang terang benderang dan saya berharap kita tidak salah dalam menentukan kebijakan-kebijakan khususnya di SPTI,” katanya

Perlu diketahui, SPTI berdiri pada tahun 1971 dan telah mendapatkan catatan di Disnaker pada tahun 2004.

“Biar tidak ada Dualisme pengurusan SPTI Pelabuhan Panjang. Karena kami juga sudah menuntun secara organisasi, saya tidak mengatakan ilegal, namun saya memiliki buku legalitas,” Jelasnya.

“Karena kita tidak mencari legalitas, tetapi kita mempunyai dan memiliki buku legalisasi itu,” tambahnya.

Selain itu, Ia menyampaikan bahwa surat legalitas SK pencatatan Disnaker di PP sudah ada.

Kemudian yang sangat kami sayangkan dari pengurus SPTI, sebelumnya kenapa dia tidak memenuhi pernyataan, ya mungkin karena sudah lama keenakan, begitu ada perubahan dia mengakui,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, pihaknya akan melalui jalur hukum terkait hal ini.

“Karena mereka ikut Munas, tapi ketika mau ada pemilihan khususnya Kecamatan Panjang ini mereka berdekralasi, keluar. Nah tidak ada masalah bagi kami. Namun yang kami sayangi adalah pihak koperasi KBM yang masih memberatkan,” ucapnya.

“Sehingga mungkin karena adanya Audiensi ini pihak KSOP bisa melihat kaadaan yang sebenarnya sesuai dengan aturan dan legalitas yang kita miliki untuk kiranya dapat memperpanjang hubungan. Karena KSOP panjang merupakan pembina kami. Dan kami meminta agar koperasi KBM tidak mendualismekan kaadaan kami,” tambahnya.

Kemudian Ia berharap terhadap KSOP panjang yang merupakan pembina SPTI, agar memberi arahan terhadap salah satu organisasi yang dibinanya.

“Kami sebagai yang dibina siap menerima arahan-arahan untuk kedepannya yang mengenai perkerjaan buruh harus seperti apa, maka kami sangat mengharapkan sekali,” harapnya.

Sementara, Kepala KSOP Kelas 1 Panjang, Hendri Ginting mengucapkan terimakasih serta berharap agar semua bisa dapat berjalan sesuai prosedur dan dapat diselesaikan serta menemui titik terang.

“Sekarang bagaimana caranya kita membuat suatu kebaikan-kebaikan, agar kedepanya lebih baik,” kata Hendri Ginting.

Lanjutnya, “Yang penting dalam pelabuhan ini terciptanya kondusifitas, rasa aman agar semuanya berjalan dengan baik, karena dengan adanya suasananya yang kondusif, maka mulai dari pejabat, pengusaha sampai buruh bisa bekerja dengan baik,” pungakasnya.(zld/Red)

Bandar Lampung

Polresta Bandar Lampung Bongkar Praktik Prostitusi Online, 3 Orang Ditangkap

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Unit PPA Satreskrim Polresta Bandar Lampung menangkap 3 orang wanita yang diduga terlibat dalam praktik prostitusi di wilayah Kota Bandar Lampung.

AS (33), warga Kedamaian, Kota Bandar Lampung, AR (25) Warga Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung dan AF (21), Warga Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

Ketiganya ditangkap Polisi, pada Kamis (13/6/2024) di sejumlah lokasi berbeda di Kota Bandar Lampung.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Dennis Arya Putra membebarkan hal tersebut.

“Hasil penyelidikan dan penyidikan, kita menetapkan 3 tersangka, yang dimana masing masing memiliki peran sendiri yaitu menjual dan mendapatkan keuntungan dari perbuatan para pelaku tersebut” kata Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Dennis Arya, Rabu (19/6/2024).

Lebih lanjut, Dennis mengatakan bahwa motifnya, para pelaku ini menawarkan 1 unit hand phone jenis Iphone kepada korban dengan pembayaran melalui dicicil.

“Kemudian para pelaku menjual korban kepada para pria hidung belang, dan uangnya dipergunakan untuk mencicil hand phone tersebut” kata Dennis.

Praktik prostitusi ini berlangsung dari tahun 2022 hingga tahun 2024, dan dipasarkan secara online maupun offline.

“Korban sendiri sampai saat ini masih dibawah umur yaitu 17 tahun” jelas Dennis.

Dennis mengatakan bahwa harga ditawarkan oleh para pelaku bervaritatif, mulai dari Rp 5 ratus ribu rupiah sampai Rp 2 juta rupiah.

“Jadi harganya bervariatif, tergantung kesepakatan, nah nanti keuntungan dibagi, selain untuk membayar cicilan hand phone tersebut” ungkap Dennis.

Para pelaku sendiri menerima keuntungan bervariatif, yaitu Rp. 3 ratus ribu sampai Rp. 5 ratus ribu rupiah dalam sekali transaksi korban dengan pria hidung belang.

Selian ketiga pelaku, Polisi juga menyita 1 potong baju lingerlie warna pink dan 2 unit hand phone.

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 2 Undang Undang RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau Pasal 83 Unang Undang RI Nomor 17 Tahun 201 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang Undang Nomo 01 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang Undang RI nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.(*)

Continue Reading

Bandar Lampung

Pesan Bunda Eva Dwiana Untuk Jemaah Haji Asal Bandar Lampung Yang Berada di Tanah Suci

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG —Memasuki puncak Ibadah Haji di tanah suci mulai dari Wukuf, Mabit di Musdalifah, dan bermalam di Mina untuk melaksanakan Lempar Jumroh Aqobah, Ula dan Wustha.

Disaat rangkaian tersebut, datang pesan khusus dari Bunda Eva Dwiana dari tanah air melalui pesan langsung Kepada para Jamaah Haji asal Bandar Lampung berjumlah 1564 orang.

Pesan tersebut disampaikan melalui Yusdiyanto yang kini jugsa sedang melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci. Diketahui, disaat pelaksanaan Puncak Ibadah Haji, cuaca di tanah suci, dalam 10 tahun terakhir, kali ini cukup ekstrem 46⁰C sd 50⁰C, debu yang pekat, jamaah yang berjumlah jutaan hadir dari seluruh dunia.

Kini jamaah haji termasuk Bandar Lampung sudah berada di Mina, bermalam dari tanggal 10 sd 13 Dzulhijah untuk melaksanakan lempar Jumroh Aqobah, Ula dan Wustha selama 3 hari berturut-turut.

Adapun pesan tersebut adalah;

*Selamat dan sukses puncak rangkaian ibadah haji telah dilaksanakan*

Dengan khidmat dan khusu’ untaian talbiyah, mutiara doa, lantunan dzikir, istighfar dan sholat kita akan mengguncang singgasana penduduk langit.

Semoga segala dosa kita sirna diampuni, doa terkabul, diberikan kemudahan, kesuksesan, keberkahan, dalam lindungan rahmat dan ridho Allah SWT.


Doa kami menyertai seluruh jamaah haji sedunia, Indonesia, khusus jamaah Bandar Lampung dan Provinsi Lampung

*Salam sehat, selamat, kuat, berkah, dan semoga mabrur serta mabruroh*

Beliau juga menyampaikan permintaan Doa:
Doakan Bunda Eva sekeluarga dan warga Bandar Lampung diberikan kemudahan, berkah, dan sukses selalu

Termasuk Bunda Eva menyampaikan duka yang cukup mendalam terkait seorang jamaah lansia dari Bandar Lampung meninggal dunia akibat serangan jantung di rumah sakit Arab Saudi, semoga almarhumah husnul khotimah.(**).

Continue Reading

Bandar Lampung

Pengurus Masjid Pria Ismail Gedong Air Gelar Penyembelihan Hewan Qurban

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG—Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. Pengurus Masjid Pria Ismail Kota Bandarlampung melaksanakan pemotongan hewan Qurban, Senin (17/06/2024).

Ayah Iwan selaku panitia pemotongan hewan Qurban Masjid Pria Ismail mengatakan “pada Hari Raya Idul Adha 1445 H Tahun ini, pemotongan hewan Qurban berupa sebanyak 2 (dua) ekor Sapi dan 8 (Delapan) ekor Kambing yang dilakukan usai melaksanakan sholat Idul Adha.”


“Daging Qurban yang telah di Potong-potong selanjutnya dibagikan kepada Warga Sekitar Masjid Pria Ismail,” Pungkas Mas Safar sapaan akrab Tukang Sembelih Hewan Qurban.

Ayah iwan juga menjelaskan bahwa hikmah dari pelaksanaan Ibadah Qurban yaitu:
Meningkatkan Ketakwaan dan Lebih Dekat dengan Tuhan
Menjalankan Ibadah yang Paling Disukai Allah SWT
Mensyiarkan Islam melalui Kisah Nabi Ibrahim
Mendapatkan Ganjaran Pahala di Setiap Helai Bulu Hewan Qurban
Mensucikan Diri Sendiri dan Harta
Mensyiarkan dan Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial.
Menumbuhkan rasa syukur dan ikhlas
Melatih kebiasaan berdzikir
Melatih diri meninggalkan larangan nya
Melatih diri terhindar dari sifat buruk


Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban kali ini mendapat antusias dari warga yang turut hadir menyaksikan.

Retno Utari (45) Salah satu warga yang menyaksikan penyembelihan hewan Qurban menyampaikan sangat senang sekali dengan adanya warga yang memberikan Hewan Qurban pada tahun ini melalui pengurus Masjid Pria Ismail,”katanya.


Alhamdulillah saya juga tahun ini ngirim kambing 2 ekor,ke Masjid Pria Ismail,tapi
buat hakikahan Anak saya laki laki yang no 2,
kebetulan tahun ini ada rezekinya dan berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha,mangknya saya nitip di masjid ini (Masjid Pria Ismail),”ujarnya.

“Semoga di tahun tahun berikutnya bertambah banyak warga yang turut serta dalam memberikan hewan Qurban ke Mushollah Al-Amin.” Tutup Retno.(zld)

Continue Reading

Trending