Connect with us

Lampung Utara

BINDA Lampung Bersama Dinkes Lampung Gelar Vaksinasi

Published

on

Lampung Utara : Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Lampung bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga Kabupaten/Kota serta Puskesmas di daerah, menggencarkan vaksinasi serentak di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung. Verifikasi menyasar semua kategori usia masyarakat, meliputi remaja, dewasa dan lansia. Sementara, saat ini telah muncul varian baru yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Binda Lampung berupaya mencegah penyebaran varian baru Covid-19 tersebut, seperti saat ini di daerah Kabupaten Lampung Utara.

“Presiden Joko Widodo meminta BIN melanjutkan percepatan vaksinasi dengan target seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo tersebut, Kepala BIN Bapak Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H. M.Si memerintahkan seluruh Binda untuk melakukan vaksinasi dengan target 40 juta dosis di seluruh Indonesia, termasuk Binda Lampung dengan 1.440.000 dosis hingga akhir tahun 2022,” terang Kabinda Lampung Harseno, Selasa (02/08).

Kabinda Lampung menjelaskan, bahwa saat ini sudah muncul varian baru dari Covid-19 yakni Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, sedangkan di Provinsi Lampung masih belum ditemukan. Meskipun para ahli kesehatan menerangkan jika varian baru tersebut tidak memiliki bahaya seperti varian sebelumnya, Binda Lampung tetap mengantisipasi munculnya varian lain yang lebih berbahaya. Hal ini mendorong Binda Lampung untuk menggencarkan vaksinasi terutama pada vaksin ketiga (Booster) yang capaian masih rendah di Provinsi Lampung.

“Pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker saat berada di luar terbuka yang tidak ramai, tetapi vaksinasi terus kita lakukan agar kualitas kekebalan komunal masyarakat semakin meningkat, dan Alhamdulillah untuk Provinsi Lampung sudah mencapai target dari Presiden yaitu vaksin kedua sebesar 72,59 persen, sedangkan vaksin ketiga masih 13,16 persen. Kita harus kejar capaian vaksinasi ketiga,- sehingga proses transisi pandemi ke endemi dapat berjalan sesuai dengan harapan dan masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman di masa kehidupan semakin mendekati normal saat ini,” kata Kabinda Lampung.

“Binda Lampung mengharapkan, kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung bahwa vaksinasi hingga dosis ketiga sangatlah penting, sebagai penguatan kekebalan imunitas masyarakat serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya dengan memakai masker dan mencuci tangan,” tutup Harseno Kabinda Lampung.

Binda Lampung bersama Pemkab. dan Dinas Kesehatan Lampung Utara, setiap harinya melaksanakan vaksinasi Dosis 1, Dosis 2, dan Booster. Masyarakat Lampung Utara masih antusias mengikuti vaksinasi, karena masyarakat sadar bahwa dengan vaksinasi dapat meningkatkan herd immunity, agar terhindar dari Covid-19.

Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan Kadis Kesehatan Kab. Lampung Utara dr. Maya Manan sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada Binda Lampung, karena secara gencar setiap hari melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di Kab. Lampung Utara. Bahkan, vaksinasi diselenggarakan di wilayah ujung Kab. Lampung Utara yang berbatasan dengan kabupaten lain.

Masyarakat Kab. Lampung Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Kepala BIN, Bapak Kabinda Lampung, dan Bapak Bupati Lampung Utara, karena sudah divaksin booster. Serta, sangat mengapresiasi atas langkah percepatan vaksinasi booster oleh BINDA Lampung khususnya di Kab. Lampung Utara dan umumnya di Provinsi Lampung.

Apa Kabar Lampung

BINDA Lampung Siapkan 3000 Dosis Vaksin Covid-19 Untuk Pelajar Dan Masyarakat Lampura

Published

on

By

Lampung Utara : Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung turut andil bagian dalam menyukseskan vaksinasi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lampung Utara, dalam rangka percepatan pencapaian vaksinasi, serta mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian baru. 

Dalam rangka vaksinasi Covid-19 tersebut BIN Daerah Lampung menyiapkan sebanyak 36.000 dosis yang dilaksanakan 14 kabupaten/kota dan khusus untuk Bumi Ragem Tunas Lampung tersebut, disiapkan sebanyak 3.000 dosis, dengan sasaran pelajar dan masyarakat yang tersebar di 23 kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Vaksinasi dipusatkan di salah satu Sekolah Dasar dengan sasaran sebanyak 500 dosis, maka pada Selasa (26/07) vaksinasi menyasar untuk usia anak-anak, pelajar, Dewasa dan Lansia mendapat sasaran 380 orang untuk dosis satu, dua dan tiga (booster). 

Vaksinasi yang dilaksanakan BIN Daerah Lampung bekerjasama dengan Pemkab Lampura tersebut disambut antusias oleh masyarakat dan pelajar di wilayah sasaran. Pemkab Lampura juga mengapresiasi upaya yang dilakukan BIN Daerah Lampung, termasuk siap mendukung termasuk menyiapkan vaksinator. 

“Tentunya kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih terhadap BIN yang telah memprogramkan untuk vaksinasi, bahkan dari awal kami menyatakan siap mendukung, salah satunya dengan menyiapkan vaksinator untuk setiap kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN di sejumlah kecamatan,” ungkap Kepala Dinkes Lampura, dr. Maya.

Terusnya, saat ini pemerintah tengah mengupayakan untuk membentuk herd immunity, kekebalan tubuh komunal, sebagai perlindungan kepada masyarakat sehingga tidak mudah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu semua pihak untuk berkolaborasi menyukseskan program vaksinasi agar upaya membentuk kekebalan tubuh dapat tercapai. 

Masyarakat Kabupaten Lampung Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Bupati Lampung Utara Budi Utomo karena telah mendapatkan vaksin booster serta sangat mengapresiasi langkah percepatan vaksinasi booster Covid-19 oleh BINDA Lampung.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

BINDA Lampung Percepat Vaksinasi Booster Ke Masyarakat Lampura, Bupati Mendukung Penuh

Published

on

By

Lampung Utara : Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung kembali bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara khususnya PKM Bukit Kemuning dalam percepatan vaksinasi 1, 2 dan booster Covid-19 kepada masyarakat, Jum’at (22/7/2022).

Vaksinasi Covid-19 dosis Booster sangat penting untuk memastikan kekebalan komunal di tengah masyarakat terus membaik dan bertahan untuk waktu yang lama. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, capaian vaksinasi se-Lampung per 3 Juli 2022, dosis pertama sebanyak 6.045.628 orang (90.98 persen), dosis kedua sebanyak 4.836.297 orang (72.78 persen), kemudian dosis ketiga atau booster sebanyak 905.348 orang (13.62 persen).

Menurut Kepala BIN Daerah Lampung Harseno, saat ini BIN Daerah Lampung bersama Pemerintah Daerah serta stakeholder lainnya terus menggencarkan vaksinasi, khususnya dosis booster, agar herd immunity yang sudah terbentuk terus meningkat kualitas dan lebih panjang masa aktifnya.

” Dengan demikian, penurunan angka kasus Covid-19 saat ini bisa terus berlanjut agar pandemi benar-benar tuntas,” Ujarnya hari inj.

Untuk menaikkan rasio dosis booster mendekati persentase dua dosis primer, terus dia, BIN Daerah Lampung akan terus berupaya melalui upaya warga bisa menjangkau tempat-tempat vaksinasi massal di daerah-daerah dengan capaian vaksin booster masih rendah, dengan harapan dapat lebih menguatkan kekebalan komunal di seluruh wilayah Lampung.

“Jajaran BIN Daerah Lampung akan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 khususnya dosis booster agar semua target terlampaui dan masyarakat aman dalam beraktifitas,” Tandas Harseno.

Sementara itu Bupati Lampung Utara, Budi Utomo mengucapkan terima kasih dan kebanggaannya kepada BINDA Lampung yang telah secara nyata membantu penyelenggaraan vaksinasi untuk masyarakat di Kabupaten Lampung Utara.

“ Kami mendukung penuh langkah BINDA Lampung dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Utara dan bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Lampung Utara khususnya Tim Vaksinator PKM Bukit Kemuning yang telah mendukung BINDA Lampung dalam percepatan capaian vaksinasi booster tersebut,” Katanya.

“ Kami menghimbau masyarakat agar senantiasa waspada serta tetap mempertahankan Pola Hidup Bersih dan Sehat, karena itu tidak hanya menghindarkan tertular Covid-19, melainkan juga dari berbagai penyakit lain yang sudah ada sebelumnya, maupun penyakit-penyakit yang belakangan ini merebak,” Imbuh Budi Utomo.

Dalam kesempatan itu pula, masyarakat Kabupaten Lampung Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Kepala BIN Budi Gunawan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Bupati Lampung Utara Budi Utomo karena telah mendapatkan vaksin booster serta sangat mengapresiasi langkah percepatan vaksinasi booster Covid-19 oleh BINDA Lampung.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lampura Miliki Beragam Wisata Dan UMKM, Bupati Ajak Berinvestasi

Published

on

By

Lampung Utara : Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Pelaksanaan AOE 2022 akan berlangsung pada 20-22 Juli 2022 dan secara resmi dibuka Mendagri Tito Karnavian, Rabu (20/07/2022)

Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., ikut menghadiri secara langsung pembukaan AOE tersebut. Bahkan, Ia membawa rombongan dalam kegiatan itu, diantaranya Ketua TP-PKK Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri, S.Pdi., M.M., Sekretaris Daerah Drs.H. Lekok, M.M., Asisten I Mankodri, S.H., M.M., Kadis Kominfo Dony Perwari Fahmi, S.E., M.M., dan Kepala Bappeda Andi Wijaya, S.T., M.M.

” Alhamdullilah setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19, pada tahun Ini Lampung Utara kembali dapat mengikuti Apkasi Expo 2022 di Jakarta,” Kata Budi saat meninjau stand Pemkab Lampung Utara.

Ia menambahkan, pihaknya sangat bangga dapat bisa berpartisipasi pada even ini. Sebab, berbagai produk UMKM serta potensi investasi dapat dipromosikan pada gelaran tersebut.

” Bagi yang berminat berinvestasi di Lampung Utara, silahkan datang ke Lampung Utara, kami sambut dengan senang hati. Lampung Utara memiliki beragam objek wisata dan berbagai produk UMKM,” Ajak Budi.

AOE 2022 menjadi ajang bagi daerah untuk mempromosikan potensi unggulannya. Misalnya komoditi dan peluang investasi di masing-masing daerah.

Tercatat setidaknya ada 122 Pemerintah Kabupaten yang turut berpartisipasi dalam gelaran tersebut. Pemkab Lampung Utara ikut serta dalam kegiatan pameran ini dengan membawa beragam produk UMKM lokal.

Adapun jumlah stand yang dipamerkan di AOE 2022 berjumlah sekitar 245 stand yang terdiri dari 122 Pemkab, 4 Kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM.

Stan Pemkab Lampung Utara mempromosikan beragam produk UMKM. Seperti, Kain Tapis, Keripik Pisang Banana Chips, Fanana Star, Elmuna Chips, Kopi Robusta dari berbagai Kelompok Tani di Lampung Utara, Lada Hitam, Kopi Robusta Premium, Gula Semut, hingga berbagai Produk aksesoris dengan kombinasi Kain Tapis.

(Diskominfo Lampura)

Continue Reading

Trending