Connect with us

Mesuji

Kunjungi Mesuji, Dirjen Kemenhub Tinjau Dermaga Eks, Dipasena

Published

on

MESUJI : Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Irjen Pol. Hendro Sugianto beserta jajaran melakukan kunjungan kerja di Dermaga Eks Dipasena, Tanah Merah, Desa Sidang Muara Jaya, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Selasa (09/08/2022).

Kedatangan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di sambut Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs. Sulpakar.MM., dalam rapat kerja infa serta monitoring sarana dan prasarana transportasi sungai di dermaga tanah merah yang berada di wilayah Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji.

“Kami monitoring terlebih dahulu. Jika memang potensinya ada, dermaga ini akan kita fungsikan. Selain itu, akses jalan dari dermaga ini sampai jalan tol harus dipersiapkan,” kata Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub-RI Irjen. Pol. Hendro Sugianto.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo dalam kunjungan dilokasi dermaga tanah merah mengatakan, bahwa Gubernur Provinsi Lampung telah membuat Memorandum of Understanding (Mou) dengan Gubernur Bangka Belitung.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengharapkan adanya pembangunan Dermaga Tanah Merah dapat mendukung aksesibilitas logistik Lampung dan Bangka Belitung.

“Sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Bangka Belitung, maka akan dibangun dermaga penghubung dari Lampung ke Bangka Belitung,” ujar Bambang Sumbogo

Bambang menjelaskan, sektor perdagangan Bangka Belitung seperti hasil bumi dengan jarak yang cukup jauh, sehingga dengan adanya penyeberangan Mesuji – Bangka Belitung dapat memotong waktu tempuh transportasi logistik.

“Melalui dermaga ini, perdagangan antara daerah bisa lebih efisien dan lebih mudah,” ucapnya.

Dijelaskanya, dermaga tanah merah tidak hanya digunakan untuk pengiriman barang saja. Namun dapat digunakan untuk masyarakat umum sebagai sarana transportasi antar daerah.

“Sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di sekitar dermaga tanah merah,” pungkasnya. (Agus S/Red)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

PJ. Bupati Mesuji Hadiri Panen Raya Padi

Published

on

Mesuji – Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar didampingi Ketua DPRD Mesuji Elfianah melakukan panen rayapadi musim tanam gadu tahun 2022 di desa Telogo Rejo, Kecamatan Rawajitu Utara, Selasa (20/09/2022).

Turut mendampingi dalam kesempatan itu Koordinator Pengawasan Mutu Benih (PMB) Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Catur Setiawan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Kusnadi, Kepala BPSB Dinas KPYPH Provinsi Lampung Bambang Sugiarto, Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman, dan Camat Rawajitu Utara Samijo.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Sulpakar menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Panen raya pada hari ini merupakan buah berkat kerja keras para petani, gapoktan, penyuluh pertanian, desa, dinas terkait, dan seluruh pihak yang tak pernah lelah memberikan pembinaan kepada para petani.

“Sektor pertanian bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji,” tuturnya.

Lanjutnya, Petani di Kabupaten Mesuji harus bisa sejahtera melalui peningkatan kapasitas kemampuan para petani dalam hal pengelolaan sawah nya, serta Pemerintah Kabupaten Mesuji juga senantiasa akan memberikan dukungan baik dari segi sarana dan prasarana.

“Para petani dapat memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang disediakan oleh Pemerintah, berupa alat dan mesin pertanian agar dapat bermanfaat bagi petani secara umum dan menyeluruh,” ucap Sulpakar.

Penjabat Bupati Sulpakar berharap Panen Raya bisa diikuti oleh desa lainnya, sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Mesuji bahkan kalau bisa kita menjadi pemasok bagi daerah lain, tentu itu akan sangat luar biasa.

“Panen raya ini dapat kita lakukan secara Konsisten dan terus meningkat, dan Peningkatan Produksi harus berbanding lurus dengan Kesejahteraan, Pemerintah Kabupaten Mesuji juga selalu berupaya untuk menjaga stabilitas harga gabah, jadi ayo kita bersama-sama berusaha dan bekerja keras agar Kabupaten Mesuji dapat menjadi Kabupaten yang ber-Swasembada Beras,” tutup Sulpakar. (Adv/Agus S)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Mesuji Terima Kunjungan Dari Paguyupan PSMTI Propinsi Lampung

Published

on

Mesuji : Bupati Mesuji Sulpakar terima kunjungan Paguyupan PSMTI propinsi Lampung di rumah dinas bupati Mesuji dalam rangka menjalin silaturahmi bersama pemerintah Kabupaten.Senin 19/09/22.

Hal itu disampaikan oleh salah satu perwakilan paguyuban PSMTI Boni provinsi Lampung mengatakan dalam rangka kunjungan kami dikabupaten Mesuji ini Kami marga tionghua tulang bawang dan provinsi Lampung hanya berkunjung ke Mesuji untuk bekerja sama membangun perumahan layak huni

“bahkan tadi kami sudah ada pembicaraan di awal tahun kami akan smendatangkan investor untuk membuat perumahan layak huni bagi masyarakat Kabupaten Mesuji”ujar Boni.

Lanjut Boni diawal tahun 2023 kita akan langsung pelaksanaan peletakan batu pertama untuk perumahan subsidi dibebeerapa desa dikabupaten Mesuji.

“kunjungi ini akan kami lakukan di seluruh kabupaten kota setiap bulan, kami juga membawa investor untuk bisa menanamkan investasi dikabupaten Mesuji”Kata Boni.

Paguyupan Tionghoa juga sudah memberikan sembako seperti beras dan Sembako lainnya di wilayah Provinsi Lampung

“Dan disini juga kita warga Tionghoa bukan dari asli orang cina,banyak istri dan suami dari suku lain dan berbeda agama”ucap Boni

Dalam sambutannya juga Bupati Mesuji Sulfakar mengucapkan selamat datang kepada paguyuban sosial marga Tionghoa Indonesia(PSMTH) provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji untuk meningkatkan jalan silaturahmi untuk dapat menunjukkan Kabupaten Mesuji.

Baik itu dalam hal budaya sosial kemasyarakatan maupun bidang perekonomian di provinsi Lampung sendiri warga Tionghoa merupakan bagian dari masyarakat yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan yang ada di provinsi Lampung.

“terkait dengan Kabupaten Mesuji kami berharap masyarakat provinsi Lampung juga dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan pembangunan di Kabupaten Mesuji baik itu Pendidikan kebudayaan maupun perekonomian”terang Sulpakar.

“Adapun kontribusi selama itu positif kami akan selalu mendukung dan menerimanya dengan tangan terbuka ini suatu dengan mutu yang sedang kami gelorakan di centaro Mesuji yakni bergerak bersama maju semua oleh sebab itu kita akan saling mendukung untuk memajukan Kabupaten Mesuji”tutupnya.(Agus S)

Continue Reading

Advetorial

PJ. Bupati Mesji Terima 50 Ribu Bibit Ikan Nila dari MKKS SMK Se-Lampung

Published

on

Mesuji : Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menerima 50 ribu benih Ikan Nila dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Provinsi Lampung di Rumah Dinasnya, Minggu (18/09/2022).

Penebarkan benih ikan air tawar tersebut di embung buatan area Perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mesuji.

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar dalam sambutannya mengatakan terima kasih atas sumbangan benih ikan air tawar sejumlah 50.000, bibit tanaman Manggis sejumlah 50 batang, bibit tanaman Petai sejumlah 50 batang, dan bibit tanaman Alpukat sejumlah 250 batang.

“Saya sangat berterimakasih atas sumbangan bibit ikan air tawar dan bibit tanaman, sumbangan benih ikan ini sebagai bentuk dukungan MKKS-SMK se-Provinsi Lampung sehingga saat ini bersama forum MKKS-SMK bisa melakukan penebaran ikan,” ujarnya.

Selain dukungan MKKS-SMK se-Provinsi Lampung, juga dukungan atas program Gubernur Lampung untuk menjadikan Kabupaten Mesuji sebagai pusat pembibitan dan budidaya ikan air tawar terbesar di Lampung.

“Kabar baik itu muncul dan insyaallah dalam waktu dekat di Kabupaten Mesuji bakal dibangun Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) oleh Kementerian perikanan dan kelautan di Desa Bukoposo, Kecamatan Way Serdang,” ucap Sulpakar.

Sulpakar mengungkapkan pembangunan BBIAT terbesar di Lampung ini bakal dimulai pada 2023.

Penjabat Bupati Sulpakar berharap pembangunan BBIAT itu dapat terwujud dan segera terselesaikan.

“Akan dibangunya BBIAT ini menjadi salah satu imbas dari program Gubernur akan menjadikan Kabupaten Mesuji sebagai sentra perikanan ikan air tawar,” tutup Sulpakar.

Continue Reading

Trending