Connect with us

Bandar Lampung

Ketua Dewan Pers Beri Kesempatan SMSI Mendaftarkan Seluruh Anggotanya untuk Diverifikasi

Published

on

LAMPUNG TODAY. COM-JAKARTA- Seiring pesatnya pertumbuhan media siber di Indonesia sekarang ini diperlukan peningkatan layanan Dewan Pers, dalam melakukan verifikasi media.

Layanan verifikasi selain untuk memberikan perlindungan insan pers, juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas, untuk mengetahui media mana yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan dan media mana yang kurang memberi manfaat atau justru menimbulkan dampak buruk.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dalam pertemuan dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta pada Jumat (12/8/2022).

Dalam audensi tersebut, delegasi SMSI dipimpin oleh Ketua Umum SMSI Firdaus. Audiensi diikuti jajaran pengurus pusat SMSI, antara lain M. Nasir (Sekretaris Jenderal), dan pengurus lainnya, yakni Yono Hartono, Makali Kumar SH, Aat Surya Safaat Ervik Ari Susanto, Dar Edi Yoga, Retno Intani, Wisnu, Hersubeno Arief, dan Iwan Jamaludin.

Sedangkan dari Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra, didampingi anggota Dewan Pers yang juga ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asmono Wikan. Selain itu tampak hadir sekretariat Dewan Pers, seperti Sudrajat, Watini, Premi Sawitri, dan Wawan A.

Mengawali acara audensi, Ketua Umum SMSI Firdaus yang mengenakan seragam organisasi warna hitam dan berpeci ini, menyampaikan empat poin yang menjadi aspirasi SMSI untuk kemajuan dunia pers. Diantaranya menyangkut, pendataan dan verifikasi media online yang tergabung di SMSI.

“Anggota SMSI saat ini mencapai 2000-an perusahaan media online di seluruh Indonesia. Kami ingin perusahaan media siber yang tergabung di SMSI, seluruhkan bisa terdaftar dan terverifikasi di Dewan Pers. Kami ingin perusahaan media yang menjadi anggota SMSI adalah benar-benar sesuai dengan Undang-undang pers No 40 tahun 1999, dan profesional,” ujar Firdaus.

Untuk kelancaran pendaftaran dan verifikasi, kats Firdaus, SMSI siap membantu untuk menerima pendaftaran seluruh anggota dan menyerahkannya ke Dewan Pers. Selanjutnya SMSI akan mensuport atau pendampingan pelaksanaan verifikasi yang dilakukan Dewan Pers.

“Ini langkah kami, dalam membantu verifikasi perusahaan media online yang menjadi anggota SMSI di seluruh Indonesia. Supaya perusahaan media online bisa terlindungi dalam mengembangan pers nasional. Termasuk kepada wartawannya melalui UKW,” harap Firdaus.

Ketua Prof Azyumardi Azra tampak antusias dan bersemangat saat menerima delegasi SMSI beraudensi. Menurut Azyumardi Azra, Dewan Pers periode 2022-2025 yang belum lama ini dilantik, berusaha untuk terus meningkatkan performa dalam memverifikasi media massa, termasuk media online (siber).

“Dengan keterbatasan tim dewan pers dalam melakukan verifikasi media, maka kami persilahkan SMSI untuk menerima pendaftaran seluruh anggotanya. Selanjutnya serahkan ke Dewan Pers untuk kami lakukan pendataan dan verifikasi. Karena dengan verifikasi ini, masyarakat nanti akan mengetahui media-media yang benar-benar profesional, sesuai semangat UU Pers nomor 40 tahun 1999,” jelasnya.

Azyumardi Azra menuturkan, Media berita online telah menjadi bagian dari perjalanan pers nasional. Sebagai bagian dari media elektronik, media online tumbuh subur di Indonesia. Karena perkembangan teknologi digital, sangat mendukung keberadaannya. Selain itu, kebiasaan masyarakat mengakses berita juga, telah berubah.

“Saya ingatkan kepada SMSI, dengan perkembangan teknologi digital yang pesat ini, mari kita berikan proteksi dan perlindungan kepada perusahan-perusahaan pers di Indonesia, supaya mereka tetap tumbuh dan diterima masyarakat luas. Karena perkembangan media sosial dari luar negeri, seperti youtube, facebook, twiter dan lainnya, juga pesat di negeri ini,” tuturnya.

Disebutkan, media online memegang peranan penting dalam pers nasional dewasa ini. Tidak hanya karena jumlahnya yang besar tetapi dampaknya terhadap publik juga sangat luas.

Mengacu kepada UU No 40 tahun 1

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Bandar Lampung

Gubernur Lampung Bersama Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana Resmikan Roadshow Bus KPK 2022

Published

on

BANDAR LAMPUNG – Rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK 2022 di Lampung secara resmi dibuka pada, Jumat (23/9/2022) di halaman parkir transmart Bandar Lampung.

Peresmian kegiatan itu ditandai oleh penabuhan alat kesenian Cetik oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi beserta Walikota Eva Dwiana, Bupati Tulang Bawang Winarti, Bupati Tanggamus Dewi Handjani, dan Bupati Lampung Timur M. Dawan Raharjo.

Roadshow Bus KPK sendiri bertujuan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat Bandar Lampung terutama kepada siswa Paud, SD, SMP dan SMA di Bandar Lampung serta masyarakat umum.

“Kehadiran dari bus roadshow KPK 2022 ini ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa KPK tidak hanya penindakan, tapi juga ada pendidikan dan pencegahan,” kata Wawan wardiana sebagai deputi bidang pendidikan dan peran serta masyarakat KPK.

Sehingga dari edukasi di lingkungan pendidikan bisa memberi pemahaman serta membentuk integritas bahwa korupsi bisa merugikan masyarakat dan menghilangkan hak yang seharusnya terpenuhi.

Wawan mengajak kepada seluruh masyarakat Bandar Lampung untuk bersama-sama mengawasi praktik korupsi di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pentingnya menanamkan komitmen bersama untuk pencegahan korupsi dimulai dari diri sendiri.

“Minimal dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan sosial. Karena membangun integritas itu tidak bisa sendiri. KPK bisa sampai saat ini karena ada peran serta masyarakat dengan membangun komitmen bersama,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi kegiatan Roadshow Bus KPK 2022 sebagai sarana edukasi anti korupsi dengan menyasar sektor pendidikan seperti siswa dan para guru.

“Ini sebuah keharusan dalam membangun bangsa, semua terlibat secara keseluruhan tanpa adanya kepentingan pribadi,” kata Arinal.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu langkah maju dari KPK dengan melibatkan masyarakat umum.

“Dengan melibatkan masyarakat sehingga masyarakat bisa memberikan informasi. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” ujarnya.

Walikota Eva Dwiana yang menjadi tuan rumah pada kegiatan Roadshow Bus KPK ini mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terkait pencegahan praktik korupsi sejak dini.

“Kita dari pemerintah kota selalu mengikut instruksi pusat untuk menerapkan nilai-nilai anti korupsi melalui sekolah-sekolah dari tingkat paud sampai perguruan tinggi dan juga masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Eva pun mengungkapkan pihaknya selalu mengandeng instansi vertikal seperti Kejari dan BPK untuk melakukan pengawalan terkait kebijakan dan kegiatan yang dikerjakan oleh pemkot Bandar Lampung.

“Bunda pun mewakili pemerintah kota Bandar Lampung selalu berusaha agar bisa memenuhi harapan masyarakat dalam berbagai kegiatannya. Apalagi kita selalu berdampingan dengan kejari dan BPK untuk melakukan koslnsultasi dalam setiap gerakan,”imbuhnya.(Zaldi/Red).

Continue Reading

Bandar Lampung

SMSI Lampung Gelar Pendidikan Jurnalistik

Published

on

Bandar Lampung – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung membuka pelatihan jurnalistik yang digelar setiap Jumat.

“Kita sudah memulai pada Jumat (23/9) ini dengan pemateri wartawan senior, di antaranya Abdullah Al Mas’ud dan Senen, kegiatan digelar Kantor SMSI Lampung,” kata Ketua SMSI Lampung Donny Irawan di Kantor SMSI, Jl. Gatot Subroto, Bandar Lampung.

Tujuan dari kegiatan tersebut, kata Donny Irawan, agar seluruh anggota SMSI memiliki wartawan yang berkualitas.

“Jadi setiap anggota SMSI bisa mengirim wartawan untuk mengikuti pelatihan jurnalistik, jumlah wartawannya pun tak terbatas,” kata Donny.

Dia juga menjelaskan banyak manfaat yang dipetik dari pelatihan jurnalistik ini. Selain menciptakan jurnalis yang berkualitas juga menciptakan moral wartawan.

“Nanti kalau ikut uji kompetensi juga tak akan mendapat kesulitan,” ujar Donny.

Dia berharap kepada seluruh pemilik media yang tergabung di SMSI untuk mengutus wartawannya ikut pelatihan.

“Bagi peserta yang lolos pelatihan dasar jurnalistik akan mendapat sertifikat,” katanya. (Rilis)

Continue Reading

Bandar Lampung

Gubernur Arinal Terima Penghargaan dari Kementerian Kuangan RI atas Raihan Oponi WTP Minimal 5 kali Berturut-turut

Published

on

JAKARTA–Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima Penghargaan dari Menteri Keuangan RI kepada Pemprov Lampung atas Capaian Opini WTP TA 2021 dan Raihan Opini WTP minimal 5 kali berturut – turut atas Laporan Keuangan Pemprov Lampung.

Untuk diketahui bahwa Pemprov Lampung telah menerima raihan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemprov Lampung sebanyak 8 kali berturut – turut sejak tahun 2015 hingga tahun 2022.

Penghargaan untuk Gubernur Lampung tersebut diterima Kepala BPKAD Provinsi Lampung Marindo Kurniawan pada acara “Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan” di Gedung Danapala Kementerian Keuangan, Jakarta, pada hari Kamis (22/9/2022).

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Keuangan Tahun ini termasuk dalam rangkaian acara Rapat kerja Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah dengan tema Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih lebih cepat Bangkit lebih kuat.

Selain memberikan apresiasi atas raihan opini WTP, Rakernas ini juga bertujuan untuk mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah. Selain itu meningkatkan awareness dan menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani memberikan selamat kepada seluruh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah yang terus berkomitmen menggunakan APBN dan APBD secara bertanggung jawab dengan segala tantangan yang ada.

BPKAD berkomitmen untuk dapat mempertahankan opini WTP dengan tetap menjaga akuntabilitas dan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung). (Arek)

Continue Reading

Trending