Connect with us

Advetorial

Peringatan HUT RI Ke 77 Pemkab Tanggamus Berjalan Hikmat

Published

on

Tanggamus (JL) : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke 77, Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus, Rabu (17/8/2022).

Upacara peringatan HUT RI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya diikuti oleh Forkopimda dan pejabat terkait, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, dengan Komandan Upacara Letda. Kav. Mahroi dari Kodim 0424, dan Perwira Upacara Kapten. Inf. Juliani Abri yang juga Danramil Talang Padang.

Adapun petugas pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni; Tasya Devia putri sebagai pembawa bendera, asal sekolah SMAN 1 talang Padang, lalu Nofri Dwisa Handika sebagai pembentang bendera, asal sekolah SMAN 1 semak dan M. Ghani Khoiri, asal sekolah SMAN 1 kota agung sebagai penggerek bendera.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Forkopimda Kabupaten Tanggamus , serta Pimpinan Instansi Vertikal. Sementara Sekdakab Hamid H Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan.

Usai upacara, menyaksikan pertunjukan seni tari Reok dan dramben atas bimbingan polres Tanggamus dan dilakukan juga penyerahan secara simbolis remisi kepada para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.B Kotaagung, yang diterima oleh Kalapas Kelas II.B Kotaagung, Beni Nurahman.

Ziarah Makam Pahlawan

Prosesi ziarah diawali dengan Upacara Penghormatan kepada para Pahlawan, yang dipimpin oleh Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan, S.E.,M.M yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan tabur bunga di makam para Pahlawan.

Usai ziarah taman makam pahlawan Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan dalam ranggka memperingati HUT RI ke 77 yang bertemakan “Pulih lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”di harapkan seluruh elemen masyarakat tanggamus agar lebih meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, serta memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan demi Indonesia yang lebih maju.

Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid 19, dengan terus disiplin protokol kesehatan.

* Mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi*

Masih dalam rangkaian Peringatan HUT RI ke 77, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus mengikuti secara virtual, Upacara Peringatan Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.

Kegiatan ini juga diikuti Sekdakab, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus, secara virtual meeting dari ruang kerjanya masing-masing.

Dalam kegiatan ini, selain para peserta mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi, juga mengambil sikap sempurna ditempatnya masing-masing saat pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan.

Usai kegiatan, Bupati menyerahkan tali asih kepada Legiun Veteran Kabupaten Tanggamus, sebagai salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi atas perjuangan para veteran di masa merebut kemerdekaan dahulu.

* Upacara Penurunan Bendera Merah Putih*

Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI di Kabupaten Tanggamus ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pemkab Tanggamus, Rabu sore (17/8/2022.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Inspektur Upacara Wakil Bupati Tanggamus H.Am.Syafi’i ., dengan Komandan Upacara Ipda. Sukarjo (KBO Sabhara Polres Tanggamus) dan Perwira Upacara AKP. Sururudin (Kasat Sabhara Polres Tanggamus).

Adapun petugas penurun bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni M. Gani khoiri, sebagai penggerek bendera, lalu Novri Dwisa Hendika, sebagai pelipat bendera, dan Zaneta Rena sevyola, sebagai pembawa bendera.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Hj Dewi Handajani, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Forkopimda kabupaten tanggamus, serta Pimpinan Instansi Vertikal.

Sementara Sekdakab Hamid H Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan, mengikutinya secara virtual.

Dengan usainya Upacara Penurunan Bendera ini, maka usailah rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 77 di Kabupaten Tanggamus. (ADV)

Advetorial

99 KPM Warga Desa Bandar Anom Terima BLT DD

Published

on

Mesuji РMengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 terutama mengatur penggunaan dana desa. Perpres tersebut mengamanahkan pemerintah Desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Sabtu 22/10/2022

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji, Mengacu (Perpres) diatas hari ini adakan pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelar di aula Balai Desa setempat,dengan Prokes yang di perketat.

“Bantuan BLT-DD disalurkan kepada warga setempat sebanyak(99)KPM yang disalurkan bulan Juli, Agustus dan September, jumlah yang diterima 900.000.(sembilan ratus ribu rupiah) per KPM. Penyaluran tersebut akan sampai dengan Desember 2022.

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Menyampaikan, Dalam menentukan penerima BLT-DD pihaknya telah melakukan pendataan melalui tingkat RT. Selain itu, sudah melalui verifikasi dan validasi (verval) ada beberapa kriteria bagi calon penerima yang belum tersentuh oleh bantuan apapun seperti, BPNT, PKH, BST ataupun bansos lainnya.

“BLT-DD ini saya berharap bisa di manfaatkan semaksimal mungkin, dan BLT-DD jangan sampai dipergunakan membeli yang tidak bermanfaat ,pergunakanlah dana tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar di anggap penting, dan warga yang tidak bisa hadir akan kita antarkan ke rumah masing-masing, dan apa bila ada nama KPM yang sudah terdaftar lalu tidak menerima dana BLT-DD lalu tidak menerima uangnya tolong Laporkan kekami,atau Rt setempat.

Sementara, di tempat yang sama, Warno warga setempat dari salah satu dari (99) KPM Desa setempat, mengatakan, dirinya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak terutama bapak kepala Desa Wahyu. sekaligus Pemerintah pusat atau daerah yang telah membantu meringankan beban saat Pandemi Covid-19

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Bandar Anom Bapak Wahyu, Perwakilan Camat pak imanudin selaku Sekcam Kecamatan Rawa jitu utara, Pendamping Desa, serta Aparatur Desa setempat. (Agus S)

Continue Reading

Advetorial

Berbaur Dengan Warga, Kades Panggung Jaya Gotong Royong Perbaiki Lapangan

Published

on

Mesuji – Kades Gotong Royong Perbaiki Lapangan Sepak Bola Panggung Jaya Bersama , Ketua RW/RT dan warga setempat Di bantu oleh pemuda Panggung Jaya Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Melaksanakan kerja bakti dalam rangka penghijauan Lapangan Kelurahan Panggung Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara.Kegiatan yang dilaksanakan kemaren itu, menimbun lapangan yang masih belum rata permukaan tanahnya.

Diketahui sebelumnya bahwa kondisi lapangan tidak rata dan tak layak untuk di fungsikan sebagai sarana olahraga atau bermain sepakbola.

Bapak Atek selaku Kades Panggung Jaya, memberikan contoh pekerjaan timbun tanah lapangan yang baik dan bagus. Tanah tersebut di ambil dari swadaya masyarakat dan di angkut memakai Alat Hand traktor.

Kita melaksanakan kerja bakti ini untuk membantu masyarakat dalam pembuatan lapangan sepak bola yang kondisi awalnya lapangan tersebut kurang bagus, sehingga kedepan layak untuk digunakan,” ujar Bapak Atek.

Yang dilakukan Kades dan warga setempat memperbaiki lapangan sepak bola, supaya bisa digunakan bermain bola bagi warga sekitar,” kata Kepala Desa Bapak Atek. Jum’at 14 Oktober 2022.

Ditegaskan Pemerintah Desa harus selalu berada di tengah masyarakat dan berbaur dengan masyarakat, sehingga Kemanunggalan Kades dengan Rakyat terjalin semakin erat dan kuat. ( Agus S )

Continue Reading

Advetorial

Hebat, Desa Bandar Anom Bangun Jalan Rabat Beton

Published

on

Mesuji – Melalui musyawarah Desa, Bapak Wahyu selaku Kepala Desa terus optimis untuk membangun Desa nya. Supaya tidak kalah dengan Desa desa lain nya, Menjadikan Desa yang berkembang, Maju serta Kesejahteraan untuk masyarakat Desa Bandar Anom Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 150 Meter Lebar 2.5 Meter dan Tinggi 15cm, Dana Anggaran Rp 80.415.880 dengan Menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2022, telah terwujud.Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Desa Bandar Anom Wahyu, ia memaparkan bahwa proses pengerjaan jalan rabat beton ini di kerjakan oleh tenaga kerja dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat dengan sistem Upah harian.

Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sehingga hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan.

Dikonfirmasi terkait pembangunan rabat beton, Kepala Desa Bandar Anom Wahyu mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di Desa Bandar Anom memperhatikan kualitas sesuai yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hal itu langsung disambut positif oleh masyarakat desa setempat. Jalan yang semula rusak dan langganan becek saat menghadapi musim penghujan, kini jalannya sudah bagus dengan menggunakan kontruksi rabat beton.

Berharap dengan adanya kucuran Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), kemajuan Desa kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat. (Agus S)

Continue Reading

Trending