Connect with us

Bandar Lampung

Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan HUT ke-59 Provinsi Lampung, Gubernur Harapkan Sinergi Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Membangun Lampung

Redaksi LT

Published

on

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT Ke-59 Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat pagi (17/03/2023).

Dalam amanatnya Gubernur menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui bersama, Provinsi Lampung dibentuk dengan dasar ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964. Pada awal pembentukan dibagi menjadi 4 (empat) wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan, dan Kotapraja Tanjungkarang-Telukbetung. Sampai dengan saat ini, Provinsi Lampung terbagi ke dalam 15 (lima belas) Kabupaten/Kota.

Sejalan dengan tema HUT ke-59 Provinsi Lampung, yaitu “Lampung Bersinergi, Lampung Berprestasi”, Gubernur berharap agar kedepan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga dapat bersama-sama untuk terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat menuju Lampung maju dan berjaya.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Fokorpimda karena sudah terbangun hubungan harmonis di Provinsi Lampung. Hal tersebut terbukti dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung dengan meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUB nasional yaitu 72,39 yang mengindikasikan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Yang kedua yakni Nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung saat ini menempati peringkat ke-8 (kategori tinggi) dari 38 Provinsi se-Indonesia dengan capaian angka 80,18 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

Kemudian Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 53,19 dimana capaian nasional adalah sebesar 51,90, hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

Menurut Gubernur, usia ke-59 dapat memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya. Oleh karena itu Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

“Selain itu, HUT ke-59 juga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini, serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan di masa yang akan datang”, ucap Gubernur.

Lebih jauh, menurut Gubernur, perayaan HUT Ke-59 juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung, serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran, acara perayaan dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas pariwisata dan promosi budaya lokal serta promosi UMKM Produk Unggulan Lampung.

Pada Upacara tersebut, Gubernur menyematkan tanda penghargaan kehormatan negara Satyalancana Karya Satya kepada 6 orang ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, yakni Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Emilia Kusumawati, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung Maria Tamtina, Analis Sumberdaya Manusia Aparatur Ahli Muda Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Azazuli Fitriadi, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung Zakia Drajat.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 115/TK/2022 tentang penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya Kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Negara, dan Pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin, secara terus menerus, paling singkat 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun.

Bertindak sebagai Komandan Upacara pada Peringatan HUT ke-59 Lampung, yakni Mayor Arm Yoan Apreza, lulusan Akademi Militer tahun 2028, dengan Jabatan sehari-hari sebagai Kasdim 0426 Tulang bawang, dan Perwira Upacara Mayor Chk Agung Riza Gunawan S.H, M.Hum, lulusan SEPA PK TNI tahun 2005, dengan jabatan sehari-hari sebagai Kepala Hukum Korem 043 Garuda Hitam.

Usai mengikuti upacara, Gubernur Arinal Djunaidi juga memberikan penghargaan kepada sejumlah lembaga yang dinilai telah berjasa bagi kemajuan Provinsi Lampung, diantaranya Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award, kemudian kepada personil Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah lampung yang telah berhasil mengungkap dan menggagalkan pengiriman pekerja migran Indonesia yang akan dikirim ke Singapura.

Selain itu, Gubernur juga melakukan pemotongan tumpeng dan ramah-tamah bersama jajaran Forkopimda Provinsi Lampung di Ruang Abung, Balai Keratun, Kantor Gubernur Lampung. (Feb/rls)

Bandar Lampung

Gebyar Ops Patuh Krakatau 2024, Kapolresta Bandar Lampung Berikan Reward Bagi Pengendara Tertib

Redaksi LT

Published

on

Lampung – Dalam upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang aman dan tertib, Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras, S.I.K, memimpin kampanye keselamatan dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2024.

Kampanye yang dibungkus dalam tajuk Gebyar Ops Patuh Krakatau 2024 ini, melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk polisi cilik dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS), untuk menyemarakkan acara.

“Hari ini, Kita melaksanakan kegiatan kampanye keselamatan dalam rangka operasi Patuh Krakatau 2024. Kegiatan ini kita laksanakan dengan melibatkan stakeholder yang ikut di sini dan kita libatkan adik-adik polisi cilik, PKS untuk menyemarakkan kegiatan hari ini,” ujar Kombes Pol Abdul Waras, Kamis (18/7/2024).

Fokus utama kampanye ini adalah memberikan penghargaan kepada pengendara yang mematuhi peraturan lalu lintas.

Pengendara yang tertib, memiliki spion lengkap, dan surat-surat kendaraan yang lengkap mendapatkan reward berupa helm.

“Harapan kita dengan masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas insyaallah selamat sampai tujuan, itu yang kita harapkan bersama. Sekaligus juga untuk menekan angka kecelakaan di wilayah khususnya Polresta Bandar Lampung,” tambahnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi kondisi kecelakaan, dengan menghadirkan korban luka di kepala, patah tulang, dan lain sebagainya.

Simulasi ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya jika tidak tertib dan tidak taat peraturan lalu lintas.

“Harapan kita masyarakat mau tertib, dan tanpa keterpaksaan, jangan karena takut ditilang. Tetapi, tumbuh kesadaran dari pengendara itu sendiri, bahwa saya butuh tertib, saya butuh nyaman, dan saya butuh selamat di jalan,” jelas Kombes Pol Abdul Waras.

“Dari kegiatan kampanye ini, Alhamdulillah sebagian besar masyarakat sudah tertib berlalulintas, kedepannya kita harap terus meningkatkan ketertiban lalu lintas lagi. Karena ini merupakan kebutuhan dasar dalam keselamatan berkendara,” sambungnya.

Kombes Pol Abdul Waras juga mengingatkan bahwa kecelakaan memiliki efek domino yang tidak hanya berdampak pada pengendara, tetapi juga keluarga yang harus dinafkahi.

“Karena apabila terjadi kecelakaan efeknya seperti efek domino, itu bukan hanya pengendara saja tetapi ada keluarga yang harus dinafkahi, ini juga harus jadi pemikiran para pengendara. Ayo tertib berlalu lintas,” tutupnya.

Dengan adanya kampanye ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara dan semakin patuh terhadap peraturan lalu lintas, sehingga angka kecelakaan dapat ditekan seminimal mungkin. (*)

Continue Reading

Bandar Lampung

Matikan Mesin Traffic Light, Pak Ogah Di Bandar Lampung Diamankan Polisi

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Polsek Sukarame, Polresta Bandar Lampung mengamankan seorang lelaki berinisial SN (24), warga Koala, Panjang, Bandar Lampung, lantaran aksi nekatnya, mematikan mesin Traffic Light di persimpangan jalan Urip Sumoharjo – Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, Way Halim, Kota Bandar Lampung, pada Rabu (18/7/2024) malam.

Kapolsek Sukarame Kompol M Rohmawan mengatakan SN (24) diamankan pasca mendapatkan laporan dari masyarakat dan petugas Dinas Perhubungan, jika ada orang yang menurunkan saklar pada box Traffic Light, sehingga mengakibatkan kemacetan di lokasi tersebut.

“Semalam yang bersangkutan sudah kita amankan di lokasi tidak jauh dari Traffic Light urip Sumoharjo” Kata Kapolsek Sukarame Kompol M Rohmawan, Kamis (18/7/2024).

Rohmawan mengatakan aksi nekat SN (24) dilakukan agar dirinya mendapatkan uang dari hasil mengatur lalu lintas lantaran kondisi lampu Traffic Light yang mati.

“Jadi kalo lampunya mati, otomatis lalu lintas di persimpangan itu krodit, nah barulah SN (24) turun ke jalan mengatur lalu lintas” Jelas Rohmawan.

Cara yang dilakukan SN (24) untuk mematikan mesin “lampu merah” tersebut dengan membuka box mesin yang berada di dekat tiang Traffic Light, kemudian menurunkan saklar di dalam box tersebut.

Saat diamankan, Polisi juga mendapati uang tunai sebesar 25 ribu rupiah dari tangan SN (24) diduga dari hasil jadi “Pak Ogah”.

“Uang 25 ribu itu didapatkan dari hasil pemberian pengendera saat dia ngatur lalu lintas, waktu Traffic lightnya padam” ungkap Mantan Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung.

SN (24) langsung dibawa petugas ke Mapolsek Sukarame guna dilakukan interogasi dan pembinaan.

“SN (24) ini, kita duga mengalami disabilitas mental” Kata Rohmawan. (*)

Continue Reading

Bandar Lampung

IWO Lampung Hadiri Ulang Tahun Pantera MC Indonesia

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung ikut hadiri ulang tahun ke-8 tahun Pasukan Tempur Nusantara (Pantera) MC Indonesia, di Kawasan Wisata Sumur Putri, Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Lampung, Sabtu, 14 Juli 2024, pagi.

Plt. Ketua IWO Lampung, Aprohan Saputra dalam kesempatan itu, menyampaikan, selamat ulang tahun. Kehadiran PW IWO Lampung merupakan bentuk dukungan, agar Pantera MC Indonesia semakin solid dan bermanfaat bagi dunia pencinta motor klasik.

Didampingi beberapa pengurus, Aprohan berharap wadah perkumpulan klub motor tersebut, dapat semakin kompak dalam menjalin persaudaraan antar sesama pecinta motor.

“Salam kompak dan semoga selalu memberi kebermanfaatan,” ringkas Pemred Lampung Newspaper itu, di sela-sela acara.

Sementara itu, El Presiden Pantera MC Indonesia Syahrudin mengucapkan terima kasih kepada semua sahabat yang datang di acara anniversary Pantera MC Indonesia yang ke-8 tahun.

“Terima kasih buat teman-teman tim Pantera MC Indonesia, yang sudah mengerahkan semua tenaga, waktu, dan semangatnya, hingga acara ini bisa terlaksana sesuai yang kita harapkan,” ucapnya.

“Gak kerasa Pantera MC Indonesia sudah masuk usia ini, kedepannya semoga keluarga Pantera semakin Solid, semakin Keren, semakin banyak chapternya di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Udin menyebutkan, Pantera MC Indonesia berdiri pada 16 Juni 2016. Dimana klub Pantera ini merupakan gabungan dari ketua-ketua klub motor yang ada.

“Pantera ini yang kita tanamkan rasa kekeluargaan, sehingga bukan hanya sekedar tempat berkumpul. Melalui klub ini, kita bisa menambah saudara yang memang bukan sedarah tapi bisa menjadi saudara,” ucapnya.

Kegiatan untuk menumbuhkan rasa solidaritas, kekeluargaan, dan damai ini juga dikemas dengan acara musik, penyerahan santunan kepada anak yatim-piatu, bersih-bersih Sungai Sumur Putri, dan penanaman pohon.

Adapun tema kegiatan yang diusung “Sewindu Bikin Rindu” dihadiri dari perwakilan klub di Lampung dan luar provinsi.

“Ini juga sekaligus menunjukkan bahwa semua bikers turut aktif dalam kegiatan sosial bermasyarakat dan peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya. (*)

Continue Reading

Trending