Connect with us

Bandar Lampung

SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA DPRD MEMPERINGATI HUT KE-59 PROVINSI LAMPUNG, GUBERNUR ARINAL DJUNAIDI APRESIASI SINERGI ANTAR KOMPONEN PEMBANGUNAN

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengikuti sidang paripurna dalam rangka HUT ke-59 Provinsi Lampung yang mengusung tema Lampung Bersinergi, Lampung Berprestasi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung, Sabtu (18/3/2023).

Mengawali sambutannya Gubernur Arinal Djunaidi mengucapkan selamat dan Dirgahayu kepada seluruh masyarakat Lampung, sebagai ungkapan bahagia lahirnya Provinsi Lampung Tanggal 18 Maret 1964 yang lalu.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat dan Dirgahayu ke – 59 kepada seluruh masyarakat Lampung,” ucapnya.

Provinsi Lampung pernah mengalami masa sulit, yaitu pandemi covid-19 dengan diberlakukannya PPKM yang berdampak terhadap ekonomi masyarakat dan menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit. Namun kesulitan itu dapat dikendalikan pada akhir Tahun 2022.

Gubernur Lampung menyampaikan beberapa hal terkait kinerja penyelenggaraan Pembangunan daerah selama Tahun 2022, antara lain :

1. Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Produksi Padi.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung Tahun 2022 sebesar 4,28% (year on year) dengan tingkat inflasi yang terjaga pada level 5,51%.Pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2022 sebesar 9,12% (q to q) bahkan tercatat yang tertinggi di Indonesia.

Nilai tambah dan Produksi sektor pertanian telah memberikan kontribusi sebesar 28% terhadap PDRB.

Untuk produksi padi Provinsi Lampung Tahun 2022 sebanyak 3,3 juta ton dengan produksi beras sebanyak 1,9 juta ton. Setelah memenuhi angka konsumsi beras lokal sebanyak 1,2 juta ton maka terdapat surplus sebanyak 700 ribu ton, sehingga Provinsi Lampung turut mendukung ketahanan pangan Nasional.

2. Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dan Penurunan Angka Kemiskinam.

Kondisi perekonomian tersebut berhasil menurunkan tingkat pengangguran terbuka sebesar 0,16% dan berdampak langsung pada penurunan angka kemiskinan yang cukup signifikan dari 12,62% per Maret 2021 menjadi 11,44% per September 2022.

3. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM tercatat mengalami peningkatan yang cukup berarti. Tahun 2022 sebesar 70,45 yang berarti kini berada pada status “Tinggi” yang sebelumnya sebesar 69,9.
4. Penurunan Indeks Gini (Kesenjangan Ekonomi)

Ketimpangan pembangunan dan ekonomi berdasarkan Indeks Gini terus menurun menjadi 0,313 bila dibandingkan tahun sebelumnya, serta berada di bawah angka Nasional.

5. Peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Nilai Tukar Petani mencapai 104,3% dari target 102 – 103%, sementara penurunan Emisi Gas Rumah Kaca untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Lampung.

Selanjutnya, terkait Realisasi belanja APBD Provinsi Lampung Tahun 2022 mencapai

97,25% menempati posisi tertinggi di

Indonesia dengan didukung capaian realisasi pendapatan sebesar 100,68%.

“Alhamdulillah, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri, mengapresiasi dengan memberikan penghargaan sebagai Provinsi Terbaik (peringkat pertama nasional) Realisasi Belanja Daerah Tertinggi

Tahun 2022 dalam Ajang APBD Award 2023,” ucap Gubernur.

Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUB nasional yaitu 72,39 yang mengindikasikan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung saat ini menempati peringkat ke-8 (kategori tinggi) dari 38 Provinsi se-Indonesia dengan capaian angka 80,18 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.l

Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 53,19 dimana capaian nasional adalah sebesar 51,90, hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah seluruh keberhasilan diatas telah menorehkan 111 penghargaan dan akan terus diupayakan peningkatannya pada masa-masa yang akan datang melalui kerjasama dengan seluruh pihak terkait,” ucap Gubernur.

Semua pencapaian itu hasil kerja sama kita sekaligus sumbangsih dan peranan para pendahulu Provinsi Lampung.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran legislatif atas kerjasamanya dalam pencapaian prestasi pembangunan di Provinsi Lampung dalam hal pelaksanaan fungsi penganggaran, fungsi pengawasan,dan fungsi legislasi dan juga kepada jajaran Forkopimda dan semua unsur yang telah berperan serta aktif dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

“Seluruh kerjasama Legislatif dan Eksekutif diatas, saat ini telah berhasil mewujudkan capaian pembangunan inklusif (keterpaduan), yaitu berupa kinerja pembangunan fisik, ekonomi, sosial dan budaya),” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Lampung atas nama Pemerintah Provinsi Lampung memberikan penghargaan kepada salah seorang Pahlawan Daerah Lampung, yaitu Almarhum Achmad Akuan.

“Selanjutnya kami mengucapkan terimakasih atas penyerahan dokumen rekam jejak perjuangan beliau oleh ahli warisnya kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk dilestarikan,” ucap Gubernur.

Mengkahiri sambutannya Gubernur Arinal Djunaidi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan suasana sejuk dan kondusif menjelang tahun politik 2023-2024.

“Mengingat pada Tahun 2023-2024 adalah tahun politik, saya mengajak semua pihak untuk menciptakan suasana yang kondusif dan meminimalisir perpecahan di kalangan masyarakat, seraya bergandengan tangan untuk terus membangun Lampung guna mewujudkan visi “Rakyat Lampung Berjaya,” pungkas Gubernur.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Bandar Lampung

Ini Kata Ketua Bawaslu Provinsi Lampung dalam Audiensi bersama Pengurus DPW SWI Provinsi Lampung

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Guna mengenalkan wadah Organisasi Wartawan dan sesuai arahan Dewan Pimpinan Pusat, Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Sekretariat bersama Wartawan Indonesia (DPW SWI) Provinsi Lampung lakukan audiensi bersama Bawaslu Provinsi Lampung yang langsung disambut oleh Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P. Panggar, SH., MH., beserta anggota Tamri, S.Hut., SH., MH., Ricky Ardian, SIP., M.IP., dan lainnya di ruang pertemuan setempat. Rabu, (20/9/23).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPW SWI Provinsi Lampung yang mau silahturahmi ke Bawaslu Provinsi Lampung, dan beliau selalu menyambut baik semua wadah organisasi wartawan manapun yang tujuannya guna membantu tugas-tugas publikasi Bawaslu Provinsi Lampung mengenai perkembangan setiap Pemiluan bahkan Pemilu 2024 mendatang.

“Saya mengucapkan terima kasih buat kawan-kawan dari DPW SWI Lampung yang mau silahturahmi ke kantor kami, karna saya juga senang jika wadah organisasi wartawan seperti SWI ini bisa membantu tugas-tugas kami guna mempublikasi ke masyarakat,” ucap Iskardo..

Selain itu, Tamri, S.Hut., SH., MH., menambahkan, bahwa harapannya organisasi SWI Lampung dapat bekerjasama membantu dalam setiap peliputan atau program-program yang dikeluarkan Bawaslu Provinsi Lampung hingga ke tingkat Panwascam, sehingga informasi tersampaikan kepada masyarakat.

Dalam sambutan serta maksud dan tujuan Ketua DPW SWI Provinsi Lampung, Jeffry Noviansyah, mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dan bekerjasama dengan pihak Bawaslu Provinsi Lampung untuk mempublikasikan informasi terkait pemiluan dan pemilu 2024, agar dapat berjalan lancar, sukses dan aman.

“Kami seluruh pengurus DWP SWI Provinsi Lampung siap bersinergi dan bekerjasama dengan pihak Bawaslu Provinsi Lampung dalam menyebarluaskan informasi dari Bawaslu terkait pemiluan dan pemilu 2024, agar dapat berjalan dengan lancar, sukses dan aman seperti yang kita semua harapkan, serta berharap pemilih dapat meningkat.” Pungkas Jefry yang juga Pimpinan media Lampung7.com dan didampingi Sekretaris Hersoli Riswan dari media Pikiranlampung.com.

Akhir dari audiensi, Ricky Ardian, SIP., M.IP., menegaskan kembali, demi menjalin sinergitas, kiranya pihak DPW SWI Provinsi Lampung dapat menjalin kerjasama kedepannya dengan Bawaslu Provinsi Lampung, ucapnya mengakhiri pembicaraan.

Acara di akhiri dengan foto bersama dan pemberian plakat kenang-kenangan dari Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P. Panggar kepada Ketua DPW SWI Provinsi Lampung, Jeffry Noviansyah. *

Continue Reading

Bandar Lampung

Di duga Kepala Sekolah Sidak Kepala sekolah!Tugas Dewan Pengawas Disdik Di Kota Bandar Lampung di Pertanyakan???

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG-Satu tim dari 5 Kepala Sekolah SD yang ada di Kota Bandar Lampung di duga melakukan tindakan diluar batas kewenangan mereka, Pasalnya KN selaku Kepala Sekolah SDN di salah satu sekolah yang berada di Kota Bandar Lampung sekaligus merangkap ketua kordinator tim melakukan sidak mandiri kepada beberapa kepala sekolah SDN yang ada di Kota Bandar Lampung.Kamis (21//2023) kok

Salah satu SDN yang di sidak terletak di wilayah Sukarame,dan salah satu Kepsek SDN saat dikonfirmasi oleh awak media ,terkait sidak tersebut,ia membenarkan bahwa jika ia telah dikunjungi oleh KN selaku ketua kordinator nya dan TK selaku Sekretaris nya dan TK tersebut juga salah satu Kepala sekolah yang ada di kota Bandar Lampung.

“Iya Bu KN kemarin sempat mengunjungi Sekolah SD saya,namun bukan melakukan sidak hanya silahturahmi saja” ungkapnya dengan wajah sedikit kaget dan grogi seolah ada yang di tutupi saat awak media Lampung today.com menanyakan hal tersebut kepada kepala sekolah yang enggan di sebut nama nya itu. Rabu (13/09/2023).

Namun disisi lain Kepsek tersebut mengungkapkan bahwa, ketika melakukan kunjungan,KN di duga membawa map yang berisi SURAT KEPUTUSAN (SK)dari kepala dinas pendidikan,”ucapnya.

“Kemarin kesini bu KN sama timnya membawa map, namun saya tidak mengetahui isinya apa” imbuhnya.

Ketika ditanya mengenai apakah ibu keberatan disidak oleh Bu KN dengan bungkus silahturahmi, kepsek SD tersebut mengatakan, ya sebenarnya tidak karena kemarin itu hanya silahturahmi, tidak membahas apapun hanya saja beliau keliling lingkungan sekolah.”jelasnya.

“Tidak keberatan sih, karena hanya silahturahmi bukan sidak, namun memang Bu KN dan timnya keliling ke lingkungan sekolah” tandasnya

Sampai berita ini di terbit, baik KN selaku kepala Sekolah SD yang juga merangkap dua jabatan ini dan TK belum bisa dimintai keterangan mengenai dugaan melakukan tindakan di luar kewenangannya,awak media Lampung Today.com mencoba menghubungi melalui telpon Whatsapp tapi belum di respon,dan di duga KN juga jarang masuk ke sekolah hingga hampir seminggu lebih.(zld)

Continue Reading

Bandar Lampung

Lurah Korpri Jaya, Sukarame Terbitkan Sporadik Di Atas Akses Jalan Dan Fasum Warga, Sekarang Telah Berdiri Bedengan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG-Fasilitas Umum yang berupa taman atau area terbuka milik pemerintah untuk kegiatan warga yang berdomisili atau memiliki tanah di blok A1 (samping MTsN 2 Bandarlampung) dibangunan rumah bedeng yang diduga untuk kontrakan, hal ini membuat warga yang berdomisili atau mempunyai tanah di blok tersebut keberatan karena berdampak pada akses jalan.

Salah satu warga Ir. Purwono yang memiliki tanah di Blok A1 (samping MTsN 2 Bandarlampung), menjelaskan ternyata bukan dia saja dirugikan.

” Bukan hanya saya ada warga lainnya merasakan dampak dari tanah fasum dibangun oleh BD dengan berdasarkan Sporadik dari Lurah Korpri Jaya, Sukarame.

Bahkan kami mengirimkan surat yang ditujukan kepada Lurah KORPRI Raya Kecamatan Sukarame Kota Bandarlampung.

Suratnya perihal, Permohonan Keberatan Bangunan Kost di Jalan/Fasum Blok A1 di RT 01 LK II Kelurahan KORPRI RAYA dengan lampiran 5 dokumen, yang ditandatangani tanggal 30 Agustus 2023 oleh 7 warga pemilik tanah di Blok A1 (samping MTsN 2 Bandarlampung).

Ir. Purwono, menjelaskan warga yang protes dampak dari dibangunnya fasum, karena berdasarkan bukti otentik yang ada, Jalan di blok A1 A2 Perumahan KORPRI Raya Kecamatan Sukarame Kota Bandarlampung sesuai peta situasi No.03/1991 yang ditandatangani oleh Gubernur Lampung pada waktu itu Pujono Pranyoto, bahwa yang dibangun bedengan itu adalah yang diperuntukan untuk jalan dan fasilitas umum.

” Namun yang terjadi Jalan dan fasilitas umum (fasum) dimanfaatkan oleh orang secara pribadi, dibangun bedengan untuk kos-kosan, kurang lebih dari tahun 2016/2017, dan dipasang portal,” ujar nya.

Akibat bangunan dan portal itu hingga saat ini 7 warga dirugikan tertutup aksesnya.

Saat saya tanyakan dengan BD dia mengatakan memiliki Sporadik yang dikeluarkan Lurah Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, saat itu diperlihatkan kepada saya, ujar Purwono.

Lurah KORPRI Jaya Kecamatan Sukarame, Joni, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Rabu (20/9) pukul 07.44.Wib membenarkan penerbitan Sporadik dengan dasar kwitansi dan surat garapan.

” iya benar dasarnya Kwitansi jual beli dan surat garapan” ujarnya singkat
(Tim).

Continue Reading

Trending