Connect with us

Today NEWS

Kemampuan Pangkalan TNI AL Lampung, Diuji

Redaksi LT

Published

on

TNI AL – Lampung. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) memiliki tugas pokok memberikan dukungan logistik, administrasi, bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut di wilayah kerjanya dan melaksanakan pembinaan.

Peran TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan wilayah keamanan laut.

Guna menjaga dan meningkatkan kemampuan Pangkalan, Komando Latihan Koarmada I mengadakan uji petik gladi tugas tempur (Glagaspur) seluruh pangkalan di jajarannya. Lanal Lampung melaksanakan uji petik Glagaspur di Markas Komando (Mako) Lanal Lampung, Caligi, Pesawaran, 12-13 September 2023.

Tim Uji Petik Glagaspur di Lanal Lampung dipimpin Wakil ketua tim, Mayor Marinir Suyatno, beserta anggota tim diterima Pjs. Palaksa Lanal Lampung, Mayor Laut (S) Agus Handoyo mewakili Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin, S.E., M.H., CHRMP. di Ruang Rapat Lanal. Selasa, (12/09/2023).

Adapun materi uji petik adalah Uji Tulis, PDD Khas TNI AL (Penaikan Bendera, apel divisi jaga, penempatan penjagaan), Jajar Kehormatan dan Valreep, Kebaharian (Tali temali dan Peluit), Bongkar Pasang Senjata Laras panjang dan Pistol, Semaphore dan Flash Morse, Pertahanan Pangkalan, Peran kebakaran, Evakuasi medis, Penindakan aksi Huru Hara, Renang militer, menembak dan deputasi pemakaman.

Seluruh rangkaian kegiatan uji petik Glagaspur berjalan aman dan lancar dengan nilai yang baik.

Dalam masa damai, Prajurit TNI Angkatan Laut tetap harus mengasah dan meningkatkan kemampuan perseorangan maupun tim agar selalu siap dan siaga jika sewaktu-waktu di butuhkan dalam tugas negara.

Diperlukan fisik yang sehat dan kuat serta keterampilan yang cukup dalam menjaga kedaulatan negara dilaut. Uji petik Glagaspur ini selesai dan ditutup oleh Pjs. Palaksa Lanal Lampung pada Rabu, 13 September 2023.

Pen Lanal Lampung

Bandar Lampung

Jalan Sehat Di Hadiri Ribuan Masyarakat,Walikota Bandar Lampung Menangis Terharu

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG – Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana hadiri jalan sehat HUT Kota Bandar Lampung Ke-342 Tahun di Bunderan Gajah Tugu Adipura, Minggu, (23/06/2024).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, Wakil Walikota Deddy Amarullah, Plh Sekdakot, para Asisten, staf ahli, Pj. Gubernur Samsudin, Korem Gatam Brigjend. Rikas Hidayatullah, Kapolresta Bandar Lampung Kombes Abdul Waras, Kodim 0410/Bdl Kolonel ARH Tan Kurniawan, Kajari Kota Bandar Lampung, Kepala Pengadilan agama Bandar Lampung, serta di hadiri oleh seluruh Forkopimda se-Kota Bandar Lampung dan undangan lainnya.

Walikota Bandar Lampung Hj Eva Dwiana dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pemenang,”Ujar Eva.

”Semoga yang mendapatkan hadiah menjadi berkah dan serta terima kasih kepada masyarakat Bandar Lampung atas dukungan nya terhadap program-program pemerintah kota yang selalu mensejahterakan masyarakatnya, dan mohon doanya masyarakat Bandar Lampung sebentar lagi Mall pelayanan bersama akan selesai, untuk melayani masyarakat khususnya warga kota Bandar Lampung,”Ucap Bunda,sapaan akrabnya.

Bunda Eva Dwiana sapaan akrab Walikota Bandar Lampung juga menyampaikan bagi yang belum beruntung mendapatkan hadiah jangan berkecil hati dan agar selalu tetap semangat,” Imbuh Eva

Dalam kesempatan yang sama Pj. Gubernur Lampung Samsudin dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta jalan sehat yang pada pagi sudah berjalan mutar mudah-mudahan semua tetap sehat dan alhamdulillah ada yang duduk sudah kecapean keringetan tidak apa-apa kita sambut kemeriahan jalan sehat ini HUT Ke- 342 Tahun Kota Bandar Lampung, dengan sehat dengan bugar dan kita semuanya bergembira,”Jelas Pj Gubernur.

“Pertama kami mengucapkan atas nama pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan selamat Kota Bandar Lampung yang ke-342 tahun 2024, mudah-mudahan di usia yang ke-342 Tahun, kota Bandar Lampung ini semakin maju semakin berkembang semakin lebih baik pelayanan terhadap masyarakat Kota Bandar Lampung.” Tutup Pj Gubernur.

Acara jalan sehat HUT Kota Bandar Lampung dimeriahkan oleh Host Ibukota Jakarta Beddu dan Artis Dangdut serta banyak hadiah yang dibagikan sampai hadiah utama Mobil, Rumah dan Umroh, dan yang mendapatkan hadiah Mobil Sigra Novitasari dari Tanjung Karang Barat, Dan yang mendapatkan Hadiah Rumah Roni Febri dari Kemiling Raya, serta acara jalan sehat luar biasa dihadiri antusias ribuan masyarakat kota Bandar Lampung.(zld/red)

Continue Reading

Bandar Lampung

Untuk Menekan Angka Stunting,Pemerintah Kota Bandar Lampung Gelar Rembuk Stunting Di Aula Gedung Semergou

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG–Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar kegiatan Rembuk Stunting di Aula Gedung Semergou Jumat (21/06/2024).

Acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dan bertujuan untuk menurunkan angka stunting yang mencapai 13,4%.

Bunda Eva menyampaikan bahwa meskipun angka stunting di Bandar Lampung lebih rendah dari rata-rata provinsi yang sebesar 14,60% dan juga di bawah angka nasional sebesar 21,5%, upaya penurunan tetap menjadi prioritas utama,”ujar Bunda sapaan akrab Walikota Bandar Lampung.

“Angka ini cukup rendah dibandingkan dengan angka stunting Provinsi Lampung dan nasional. Namun, kita tetap harus berupaya menekan angka ini lebih jauh lagi,” jelasnya.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung menunjukkan bahwa pada tahun 2023, masih ada 0,81% atau sekitar 520 anak di Bandar Lampung yang mengalami stunting.

Menyikapi hal ini, Eva Dwiana menegaskan komitmen Pemkot Bandar Lampung melalui pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di setiap kelurahan.

“TPPS ini bertugas untuk mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi penyelenggaraan program percepatan penurunan stunting di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung,” jelasnya.

Bunda Eva, berharap seluruh perangkat pemerintah dapat bekerja sama untuk menekan angka stunting di kota ini. “Ini sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kita perlu gotong royong dan menjalin kekeluargaan dalam upaya menurunkan angka stunting di Bandar Lampung,” tambahnya.

Adapun program-program yang diinisiasi oleh Pemkot Bandar Lampung dalam upaya pencegahan stunting meliputi:
1. Pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri.

2. Pemberian makanan tambahan kepada balita di posyandu.

3. Pemberian makanan tambahan bagi anak-anak yang mengalami stunting dan permasalahan gizi lainnya.

4. Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil yang kekurangan energi kalori.

5. Intervensi serentak pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, dan edukasi bagi seluruh ibu hamil dan balita.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan angka stunting di Kota Bandar Lampung bisa terus menurun dan meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan anak-anak di Kota Bandar Lampung ini,”tutupnya.(zld)

Continue Reading

Bandar Lampung

Walikota Bandar Lampung Laksanakan Sholat Idul Adha Di Stadion Mini Way Dadi Bareng Mantan Pacar dan Media

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG—Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana laksanakan sholat Idul Adha 1445 H, bareng mantan pacar (Herman HN) di Stadion Mini Way Dadi, Sukarame, Bandar Lampung, Senin (17/6/2024).

Pada awal ceramah, Khotib Shalat Idul Adha, Hamam Syafei mengatakan bahwa ibadah haji dan kurban adalah bukti kepatuhan manusia kepada Sang Khalik, Pencipta Jagat Raya.


“Hal ini tercermin dalam lafaz Talbiyah yang dikumandangkan dalam pelaksanaan ibadah haji, Labbaik Allahumma Labbaik, labbaikkala syarikalakallaka Labbaik..innalhamda walni’mata..lakawalmulk lasyarikalak’, yang artinya aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, sesungguhnya segala puji, kemuliaan dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. tiada sekutu bagi-Mu..”

“Demikian pula dengan ibadah kurban, suatu bentuk ketaatan umat muslim kepada Allah SWT yang dapat dilihat dari sejarah bagaimana Nabi Ibrahim taat dan tunduk kepada Perintah Allah SWT”.

Sementara usai sholat, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan bahwa ” Pengorbanan merupakan bentuk perjuangan, apapun yang dilakukan untuk kebaikan adalah bentuk pengorbanan kita,” ujar Bunda Eva.


Menurut Eva, seluruh umat Muslim patut mencontoh pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi kita Ibrahim As dan putranya Nabi Ismail As.

Terutama orang tua, harus memberikan contoh yang baik kepada anaknya untuk menjalankan perintah Allah SWT.


Bunda Eva juga berpesan kepada seluruh jajaran Pemkot Bandar Lampung untuk dapat berjuang untuk Kota Bandar Lampung yang lebih baik lagi kedepanya, tentunya dengan dukungan seluruh elemen masyarakat Kota Bandar Lampung.

Tampak hadir dalam kegiatan sholat Idul Adha tersebut Bapak Herman HN (Walikota Bandar Lampung ke 10), Assisten, beberapa kepala OPD Kota Bandar Lampung, Kabag Kesra Jhoni Asman, S.T., dan Kepala Kantor Kemenag Bandar Lampung, Hi. Makmur, serta ribuan masyarakat sekitar Stadion Mini Way Dadi.

Continue Reading

Trending