Connect with us

Pesawaran

Kemampuan Pangkalan TNI AL Lampung, Diuji

Redaksi LT

Published

on

TNI AL – Lampung. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) memiliki tugas pokok memberikan dukungan logistik, administrasi, bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut di wilayah kerjanya dan melaksanakan pembinaan.

Peran TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan wilayah keamanan laut.

Guna menjaga dan meningkatkan kemampuan Pangkalan, Komando Latihan Koarmada I mengadakan uji petik gladi tugas tempur (Glagaspur) seluruh pangkalan di jajarannya. Lanal Lampung melaksanakan uji petik Glagaspur di Markas Komando (Mako) Lanal Lampung, Caligi, Pesawaran, 12-13 September 2023.

Tim Uji Petik Glagaspur di Lanal Lampung dipimpin Wakil ketua tim, Mayor Marinir Suyatno, beserta anggota tim diterima Pjs. Palaksa Lanal Lampung, Mayor Laut (S) Agus Handoyo mewakili Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin, S.E., M.H., CHRMP. di Ruang Rapat Lanal. Selasa, (12/09/2023).

Adapun materi uji petik adalah Uji Tulis, PDD Khas TNI AL (Penaikan Bendera, apel divisi jaga, penempatan penjagaan), Jajar Kehormatan dan Valreep, Kebaharian (Tali temali dan Peluit), Bongkar Pasang Senjata Laras panjang dan Pistol, Semaphore dan Flash Morse, Pertahanan Pangkalan, Peran kebakaran, Evakuasi medis, Penindakan aksi Huru Hara, Renang militer, menembak dan deputasi pemakaman.

Seluruh rangkaian kegiatan uji petik Glagaspur berjalan aman dan lancar dengan nilai yang baik.

Dalam masa damai, Prajurit TNI Angkatan Laut tetap harus mengasah dan meningkatkan kemampuan perseorangan maupun tim agar selalu siap dan siaga jika sewaktu-waktu di butuhkan dalam tugas negara.

Diperlukan fisik yang sehat dan kuat serta keterampilan yang cukup dalam menjaga kedaulatan negara dilaut. Uji petik Glagaspur ini selesai dan ditutup oleh Pjs. Palaksa Lanal Lampung pada Rabu, 13 September 2023.

Pen Lanal Lampung

Pesawaran

Polda Lampung pastikan video yang viral di media sosial terkait pemalakan adalah hoax

Redaksi LT

Published

on

Polda Lampung memastikan video yang viral di media sosial terkait adanya pemalakan di sebuah jembatan Tegineneng, Pesawaran, Lampung adalah hoax.

Hasil konfirmasi Kapolres Pesawaran, Lampung AKBP Pratomo Widodo bahwa itu tidak benar, itu hoax. Lokasi di video dan lokasi terbaru saat ini saja sudah sangat jauh sekali perbedaannya,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Minggu.(17/04/23)

Dia melanjutkan salah satu video yang viral tersebut adalah hoax dilihat dari adanya lokasi jalan yang tidak mulus atau rusak. Untuk kondisi jalan di lokasi tersebut, lanjut dia, hingga sampai saat ini masih terlihat mulus dan menjadi pengguna kendaraan baik bermotor maupun mobil untuk jalur alternatif mudik lintas sumatera.

Saya bersama anggota sudah cek ke lokasi, bahwa ternyata jalan yang ada di video itu tidak sama. Jalan Lintas Sumatera, Tegineneng tidka rusak dan ramai dikunjungi pemudik baik yang ingin Lintas Sumatera maupun ke Pulau Jawa, kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan dan penelusuran terkait adanya penyebaran berita hoax tersebut. Dalam penyebaran berita hoax, ia menegaskan ada sanksi tindak pidana yang dilakukan oleh yang tidak bertanggung jawab.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Lampung khususnya masyarakat Pesawaran dan pengguna jalan yang melintasi wilayah Pesawaran agar dapat segera melapor ke pihak kepolisian jika terjadi tindak pidana apapun selama dalam perjalanan khususnya pada mudik lebaran 2023.

Masyarakat Pesawaran maupun pemudik dapat melaporkan jika kedapatan adanya pelaku tindak kriminal. Bisa melapor ke hotline 110, mengunduh aplikasi polri super app atau laporkan ke kantor polisi yang terdekat, katanya.

Sebelumnya, beredar video hoax yang memperlihatkan seorang pria berjumlah antara tiga orang melakukan aksi pemalakan dan kekerasan terhadap pengendara mobil pengangkut di jembatan Tegineneng, Pesawaran.

Video tersebut memperlihatkan seb8uah kendaraan truk yang sedang diberhentikan oleh sejumlah pemuda di tengah jembatan Tegineneng. Tutup nya(zld/rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Arinal Motivasi Petani Kopi sebagai Pilot Project KPB Sektor Perkebunan

Redaksi LT

Published

on

Tanggamus : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja ke PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu sekaligus memberi motivasi petani kopi binaan perusahaan tersebut di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Kamis (18/6/2020).

Petani kopi ini akan dijadikan proyek percontohan (pilot project) implementasi Kartu Petani Berjaya (KPB) di Sektor Perkebunan menyusul dijadikannya Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project pengembangan komoditas kopi, lada dan peternakan.

Pada kunjungan di lokasi pertama, Gubernur Arinal mengunjungi Rumah Belajar Uji Mutu Kualitas Biji Kopi di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu sekaligus berinteraksi dengan para petani. Lokasi ini merupakan CSR Binaan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu. Kunjungan Gubernur Arinal tersebut turut didampingi Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan General Manager PT. PGE Area Ulubelu Mawardi Agani.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal memberi motivasi sekaligus membangkitkan semangat para petani kopi dan bersama-sama melakukan perubahan. Hal ini juga untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. “Karena saya Gubernur nya orang pertanian, jadi harus ada perubahan, saya menuntut kalian para petani untuk melakukan perubahan bersama,” ujar Gubernur Arinal.

Arinal juga mendorong agar petani di Kabupaten Tanggamus tidak hanya fokus terhadap komoditas kopi, tetapi juga komoditas lainnya seperti lada serta sektor peternakan.

Hal ini juga yang memicu Gubernur Arinal ingin menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project di Sektor Perkebunan. “Wilayah ini cukup potensial di mana menurut saya bisa dikembangkan dan mempunyai daya dukung.

Maka akan kita kembangkan agar pendapatan petani lebih meningkat, PAD meningkat dan pengusahanya untung,” katanya. Apalagi disampaikan Arinal, ditambah dengan adanya program Kartu Petani Berjaya (KPB) nanti akan memberikan kesempatan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para petani.

Program KPB ini nantinya juga akan membantu para petani di antaranya meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan, mengatasi kebutuhan sarana produksi dan pemasaran hasil. “Ulubelu sudah saya putuskan menjadi pilot project di dalam pengembangan KPB di sektor perkebunan,” ujar Arinal.

Untuk itu, Arinal meminta dibangun sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan PT PGE Area Ulubelu serta pihak terkait lainnya untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya. “Saya ingin membangun Lampung, untuk itu saya berharap ada partisipasi dalam mengembangkan Ulubelu untuk masa depan menuju Rakyat Lampung Berjaya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal juga menyebutkan Kabupaten Tanggamus juga akan melakukan sinergitas bersama Kabupaten Lampung Barat dengan membuka akses jalan Tanggamus-Lampung Barat. “Kita ingin membuka akses jalan Tanggamus-Lampung Barat, mereka agar saling mengisi akan kelebihan kekurangan terhadap potensi yang dimiliki. Inilah konektivitas wilayah yang bisa menumbuhkan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan kedatangan Gubenur Arinal akan membuat banyak program-program yang akan diberikan kepada Kabupaten Tanggamus.
“Terimakasih selama ini program-program kami sudah didukung oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak Gubernur hari ini akan lebih banyak lagi Insyallah program-program yang akan diberikan,” ujar Bupati Dewi.

Dewi melanjutkan akan berkontribusi penuh dan mendukung dijadikannya Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project dari pengembangan komoditas kopi, lada dan juga sektor peternakan.”Semoga program ini dapat menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus dan mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” katanya. Menurut Dewi, ini dilakukan agar produksi para petani bisa meningkat dan Kabupaten Tanggamus tidak hanya dikenal dengan komoditi kopi saja.

“Tetapi juga dikenal dengan varian komoditi lainnya termasuk sektor peternakan,” ujarnya.(Adpim)

Continue Reading

Pesawaran

Batalyon Infanteri 9 Marinir Piabung Berbagi Daging Qurban di Pulau Tegal

Avatar

Published

on

Pesawaran : Menyambut Hari Raya Idhul Adha 1439H, Prajurit Batalyon Infanteri 9 Marinir bersama Lembaga Kemanusiaan Global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung dan SP3T Gelar Dapur Qur’ban Di Pulau Tegal Mas, Kamis (23/08/2018).

Segenap Prajurit Petarung Beruang Hitam Yonif 9 Marinir tanpak bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan Global ACT Lampung & SP3T untuk berbagi kasih dan kebahagiaan.

“Kegiatan sosial berbagi kasih ini berlangsung di Pulau Tegal, Desa Gebang RT/RW 006/001 Tanjung Jaya, Kec. Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung,”Ujar Komandan Batalyon 09 Brigif 03 Marinir Lampung, Let kol ( Mar) Sugeng Purwanto melalui rilisnya.

Kolaborasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Batalyon Infanteri 9 Marinir bersama Lembaga kemanusiaan Global ACT dan SP3T ini disamping menyambut Bulan yang penuh berkah dan bermakna juga dimasksudkanuntuk membangkitkan semangat warga sekitar.

“Diharapkan generasi-generasi muda sadar akan makna Qur’ban yang sesungguhnya, meskipun saat ini belum mampu untuk berqur’ban seekor kambing, setidaknya ada rasa keikhlasan antar sesama untuk saling tolong menolong dan memiliki rasa empati,”lanjutnya.

Tak harus berqurban bila belum mampu, tapi cara lain yang telah dilakukan oleh masyarakat sekitar melalui kegiatan peduli akan lingkungan yang mereka huni saat ini berarti sudah ikhlas berqurban untuk sesama.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian daging hewan Qur’ban kepada masyarakat Pulau Tegal dan makan bersama untuk menambah keakraban serta memperat tali silaturahmi. Untuk acara penutup dilaksanakan sesi foto bersama.

Rep/Editor : Putra

Continue Reading

Trending