Connect with us

Lampung Selatan

Mantab…Polda Lampung Kembali Tangkap Bawahan Fredy Pratama dan Sita 1 Rumah

Redaksi LT

Published

on

LAMPUNG – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Lampung kembali menangkap satu orang bawahan Fredy Pratama, gembong narkotika jaringan internasional yang kini jadi buruan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadillah Astutik mengungkapkan, tersangka tersebut berinisial SR alias Black, warga Palembang, Sumatera Selatan.

Umi mengatakan tersangka SR ditangkap pada Rabu (8/11/2023) kemarin di Bandung, Jawa Barat setelah penyidik mengembangkan kasus jaringan Fredy Pratama.

“Tersangka merupakan salah satu jaringan FP (Fredy Pratama). Tersangka membawahi kurir sebanyak 12 orang,” kata Umi.

Dari penyelidikan, SR mendapatkan uang sebesar Rp 5 juta per kilogram yang berhasil diselundupkan. Umi menyebutkan, SR sudah meloloskan ratusan kilogram dengan 12 orang kurir itu.

Tetapi terkait jumlah kurir tersebut, Umi mengatakan ada kemungkinan bertambah lagi. Lantaran diduga SR masih berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

“Masih didalami terkait jumlah kurir ini. Karena ada satu kurir yang diduga jaringannya atas nama Abdul Rahman, warga Palembang yang ditangkap di Medan pada Desember 2020 lalu,” kata Umi.

Dalam penangkapan itu, kepolisian terpaksa melakukan tindakan tegas terukur kepada Abdul Rahman.

“Yang bersangkutan meninggal dunia dan baru diketahui telah enam kali lolos sebelum ditangkap di Medan,” kata Umi.

Modus penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu itu barang kiriman dari Aceh, Medan, dan Pekanbaru transit terlebih dahulu di Palembang.

“Setelah transit, narkoba jenis sabu-sabu itu dibawa melalui Lampung dengan tujuan Jakarta, Surabaya dan beberapa provinsi lainnya,” kata Umi.

Menurut Umi, SR mendapatkan narkoba dari tersangka L, seorang narapidana di Lapas Banyuasin yang kemudian dipindahkan ke lapas di Nusakambangan bersama H dan K (suami selebgram APS).

“L, H dan K kini diamankan di Mapolda Lampung untuk penyidikan terhadap SR,” kata Umi.

Selain menangkap SR, kepolisian juga menyita barang bukti berupa ponsel, uang tunai sebesar Rp 1,8 juta, kartu ATM, buku tabungan, paspor dan print out rekening.

“Hari ini kita juga lakukan penyitaan satu unit rumah di Palembang atas nama tersangka B, jaringan Fredy Pratama. Total tersangka dari jaringan Fredy Pratama sebanyak 28 orang yang sudah ditangkap,” kata Umi.

Selain itu, dari pengungkapan jaringan internasional ini, Polda Lampung juga telah menyita uang sebesar Rp 34,4 miliar.

“Barang bukti berupa uang sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Lampung,” kata Umi.

Lampung Selatan

Mahasiswa KKN Adakan Literasi Berkolaborasi dengan Busa Pustaka di SDN Cugung Lamsel

Redaksi LT

Published

on

Universitas LampungLampung Selatan : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Lampung (Unila) Desa Cugung berhasil meningkatkan minat baca siswa/siswi di SDN Cugung melalui kegiatan literasi interaktif. Pada Rabu, 31 Januari 2024, mereka mengundang Busa Pustaka (Perpustakaan Keliling) ke sekolah tersebut.

Dengan tema “Mantra Buku: Merangsang Minat Baca untuk Masa Depan Cerah”, kegiatan ini menawarkan berbagai aktivitas literasi seperti membaca buku cerita bersama, belajar bahasa isyarat, bermain games terkait lingkungan sekitar, dan pembagian buku cerita untuk anak-anak SDN Cugung.

Heti Bairani, ketua pelaksana berharap, kegiatan literasi dan belajar bahasa isyarat di SDN Cugung dapat menjadi dorongan bagi semangat membaca dan inklusi, yang pada gilirannya meningkatkan literasi siswa.

Bairani menekankan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat siswa dalam menjelajahi ilmu pengetahuan dengan penuh kegembiraan. “Mari bersama-sama menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan mendukung pertumbuhan kreativitas setiap anak,” ujarnya.

Nayla Syaqirotul Rizkiyah, mahasiswi KKN Unila, menambahkan, kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi kepada anak-anak untuk meningkatkan semangat belajarnya dan meraih pengetahuan yang luas dari membaca buku.

Surya Insani, Koordinator Desa (Kordes) KKN Unila Desa Cugung, menyatakan, kecerdasan generasi bangsa dimulai dari kebiasaan rajin membaca buku. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kesuksesan generasi bangsa yang akan meneruskan perjuangan bangsa di masa depan.

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Sekolah SDN Cugung, dihadiri Mang Adi dari Busa Pustaka, serta volunteer Busa Pustaka dan mahasiswa KKN Unila 2024. Semua pihak berharap, kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam meningkatkan minat baca siswa-siswi di SDN Cugung.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel MoU PKS Dengan PT. PLN

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang, Jum’at (26/01/2024).
Penandatangan MoU dan PKS yang berlangsung di ruang vicon rumah dinas bupati tersebut, membahas tentang Penyediaan Layanan Kelistrikan di Kabupaten Lampung Selatan.
Penandatanganan MoU dan PKS dilakukan antara Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Feri Bastian, Kepala Dinas Perhubungan Harizzon dengan Manager PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang Donna Sinatra.

Penandatangan tersebut turut disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta sejumlah pejabat utama dan Kepala Perangkat Daerah terkait dilingkup Pemkab setempat.
Pada kesempatan itu, Manager PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang, Donna Sinatra menyampaikan, kesepakatan bersama ini merupakan sebagai landasan para pihak dalam melaksanakan kerjasama penyediaan layanan kelistrikan di Lampung Selatan.
“Dengan tujuan perjanjian kerjasama ini diantaranya untuk pengembangan Penerangan Jalan Umum (PJU) serta mekanisme update data survei titik lampu PJU di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Donna Sinatra.
Donna Sinatra mengatakan, perjanjian kerjasama ini juga sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemungutan dan penyetoran pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik Pemerintah Daerah Lampung Selatan.
“Melalui kerjasama ini juga menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah dan menjamin validasi keberadaan, kebenaran data dan dokumen penerimaan pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik melalui sistem web service,” ujarnya.
Sementara, pada kesempatan itu Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menekankan, kesepakatan bersama itu dijadikan pedoman kedua belah pihak untuk melakukan Perjanjian Kerja Sama agar membantu pembangunan di Lampung Selatan.
“Intinya saya minta kesungguhan kedua belah pihak. Ada kerja sama yang baik antara PT. PLN dengan pemerintah daerah dan perangkat daerah untuk mewujudkan sinergi dan optimalisasi terhadap program penyelenggaraan pelayanan kelistrikan ini,” ucap Nanang.
Lebih lanjut, Bupati Nanang menambahkan Pemerintah Daerah sangat berkomitmen untuk mengatasi permasalahan di Lampung Selatan dengan lebih cepat melalui langkah, inovasi dan program yang tengah diterapkan.
“Peran aktif dari seluruh pihak sangat dibutuhkan dalam membantu membangun Lampung Selatan. Salah satunya seperti menjamin ketersediaan sumber daya listrik di Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya. (Kmf/ko)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pedagang Laris Manis di Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Kampanye akbar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo – Mahfud MD menjadi keberkahan tersendiri bagi para pelaku usaha kecil.
Pendukung dari berbagai penjuru daerah di Lampung telah memadati lokasi kampanye di Lapangan Lampung Selatan Expo Gelora Bung.

Gelaran ini pun berdampak positif bagi beberapa pihak, salah satunya adalah para pedagang. Mulai dari penjual atribut untuk kampanye hingga para penjual makanan. Para pedagang tersebut tersebar di luar area Lapangan Lampung Selatan Expo (LSE) yang berada di pusat Kota Kalianda, hingga beberapa pedagang ada yang berjualan di dalam kawasan LSE.
Salah satu pedagang adalah Danang. Dia mengaku sengaja datang dari Kecamatan Palas, untuk menjual minuman dan makanan ringan. Dia mengatakan, sejak pagi sudah banyak dibeli sejumlah peserta yang hadir di kampanye akbar paslon Ganjar – Mahfud.
“Alhamdulillah mas, dagangan saya laris manis,” kata Danang seraya menyebutkan jualan minuman es dan pentol pedas, Senin (22/01/2023).
“Harga yang kita jual juga murah mas. Untuk es, segelas Rp. 3 ribu sampai Rp.5 ribu. Kalau Pentol Pedas saya jual Rp.10 ribu. Laku banget ini dari tadi alhamdulillah,” jelas Danang.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Duaji. Pedagang asal Kecamatan Kalianda itu yang memanfaatkan momen kampanye akbar untuk berdagang buah-buahan segar.
“Buah-buahan ini saya jual 1 nya Rp10 ribu. Kalau beli dua saya jual Rp.15 ribu,’ kata Duaji.
Dilain sisi, pantauan di lokasi gelaran kampanye Akbar paslon capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-mahfud. Sejak pagi hari, ribuan orang telah memadati kawasan Lampung Selatan Expo. Sebagian besar massa datang secara berkelompok dengan menggunakan bus, angkot, moda transportasi massal hingga membawa kendaraan motor pribadi. (Eko)
Continue Reading

Trending