Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gagal Terima Dana DAK, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampura Blak-blakan

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara, Toto Sumedi blak-blakan seputar gagalnya dua sekolah di wilayahnya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019. Diketahui, dua sekolah yang gagal tersebut yakni SDN 1 Sidokayo, Abung Tinggi dan SDN 4 Candimas, Abung Selatan dengan nilai total DAK keduanya mencapai 800 an juta. Gagalnya dua sekolah itu menjadi sejarah buruk bagi Dinas Pendidikan Lampung Utara lantaran baru kali inilah peristiwa ini terjadi.

” Gagalnya dua sekolah itu (SDN 1 dan SDN 4) tidak disebabkan oleh persoalan yang sama. Untuk SDN 1 Sidokayo, ternyata ikut menerima bantuan Block grant. Jadi, enggak mungkin mendapatkan DAK juga,” ungkap Toto, ketika ditemui, Selasa (3/9/2019).

” Dan untuk SDN 4 Candimas, kegagalannya karena terjadinya perubahan nama sekolah dari SDN 3 menjadi SDN 4 Candimas.‎ Nah, perubahan nama ini yang masih saya cari tahu,” lanjutnya sembari menggeleng-gelengkan kepalanya.

Toto juga tak menampik jika gagalnya dua sekolah penerima DAK disebabkan dalam perencanaan seputar sekolah calon penerima bantuan DAK kurang maksimal.

” Meski saya plt (pelaksana tugas) tapi banyak yang harus saya benahi di Dinas Pendidikan ini. Saya akan berusaha memperbaiki segala kekurangan sehingga hal tersebut tidak akan kembali terulang (gagalnya dua sekolah).
Perencanaannya akan kami perbaiki supaya tidak terulang lagi,” tukasnya.

Sebelumnya, Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung Utara Bidang Pendidikan tahun 2019 senilai Rp. 21 miliar dipastikan bakal mendapat pengurangan. Hal ini disebabkan, adanya dua unit sekolah di Lampung Utara dinyatakan gagal memperoleh bantuan DAK tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Suma Wibawa, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, mengungkapkan, Sekolah Dasar yang digagalkan DAKnya adalah SDN Candimas yang berada di Kecamatan Abung Selatan dan SDN 1 Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi.

” Nilai persisnya (DAK kedua SD itu) saya enggak begitu hafal. Kira – kira sekitar Rp500 jutaan lah kalau tidak salah,” ucapnya, Kamis (29/8/2019).

Suma melanjutkan, dengan kegagalan kedua sekolah itu maka total sekolah penerima DAK pendidikan kini berjumlah 83 unit sekolah.

Disinggung soal pencairan DAK yang sudah semakin mendekati akhir tahun 2019? Suma menambahkan, bahwa pencairan DAK itu diperkirakan akan mulai mengucur ke rekening kepala sekolah pada pekan depan.

” Nota kesepahaman sudah dibuat beberapa waktu lalu. Jadi, kemungkinan besar cair di pekan depan,” imbuhnya.

Sebelumnya, DAK bidang pendidikan tahun 2019 mencapai Rp21 Miliar. DAK ini diperuntukan bagi rehabilitasi gedung sekolah dan pengadaan buku dengan rincian 85 sekolah penerima DAK itu yakni, 6 unit Taman Kanak-Kanak, 70 unit Sekolah Dasar, 8 unit Sekolah Menengah Pertama, dan 1 unit Sanggar Kegiatan Belajar.

Tapi, nyatanya, dari 85 sekolah hanya 83 sekolah saja yang mendapatkan DAK. Hilangnya sebagian dana DAK pendidikan seakan menjadi pelengkap derita Lampung Utara yang sebelumnya juga telah dikabarkan ‘kehilangan’ sebagian DAK bidang infrastruktur yang mencapai Rp16 Miliar dikarenakan banyaknya proyek yang gagal mendapatkan pemenang.

Memang tidak ada sanksi berarti dalam ‘hilangnya’ DAK di dua Organisasi Perangkat Daerah di Lampung Utara ini, tapi khalayak luas kemungkinan akan menilai bahwa ada ‘ketidakcakapan’ dalam pengelolaan DAK tersebut.

Apa Kabar Lampung

Pemkot Metro Membenarkan Perjanjian MoU Dengan PT. Nolimax Jaya

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Pemerintah Kota Metro mengadakan pertemuan antara TNI, POLRI dengan pedagang shopping pertokoan dan kaki lima, Jumat (07/08/20).

Bertempat di Aula Pemkot Metro membeberkan mengenai perjanjian MoU dengan PT. Nolimax Jaya sejak tahun 2007 sebagai pihak ke-3 (tiga).

Asisten II Yerri Ehwan mengatakan, untuk mencapai kesepakatan bersama maka Pemkot Metro bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan melakukan pengukuran yang diawasi oleh masyarakat atau pedagang.

“Untuk pengukuran akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus, untuk penerbitan Hak Guna Bangunan (HGB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sedangkan hak PT. Nolimax Jaya seluas 1296 m2 yang sudah mencakup parkir,” ujarnya.

Wakapolres Metro Gusti Iwan Wijaya, menyatakan bahwa TNI dan POLRI tidak memihak kepada PT. Nolimax Jaya ataupun kepada para pedagang.

“Yang kami lakukan sebagai pengamanan yang sesuai dengan aturan hukum. Kami juga minta kepada yang terkait untuk bersepakat guna perekonomian terus berkembang, pusat perdagangan tetap bertumbuh,” ungkap Wakapolres.

Sedangkan dari perwakilan pedagang Pasar Shopping Metro Toro, menuturkan akan mendukung pembangunan ekonomi di Kota Metro. “Kami akan mendukung semua pembangunan, namun pertimbangkan lagi dalam proses pembangunan, jika itu mempersulit kami,” katanya.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

WaRu Pasang Wifi di Banyak Titik di Kota Metro, Jadikan Kota Metro Cerdas dan Kreaktif Berbasis Digital

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Semangat WaRu (Wahdi dan Qomaru) dalam membentuk Kota Metro menjadi Kota cerdas dan kreatif berbasis digital, kini WaRu sudah memasang Wifi di banyak titik di Kota Metro.

Hampir seluruh sudut Kota Metro dapat dijangkau jaringan Wifi yang dipasang oleh WaRu. Kini, masyarakat Metro tidak perlu direpotkan dengan mahalnya pulsa/kuota internet (Terlebih keperluan belajar dari rumah di masa pandemi).

Degan mudahnya akses internet, diharapkan warga Kota Metro lebih mudah dalam memperoleh informasi dan lebih optimal bagi anak-anak muda untuk terus mengembangkan kreativitasnya.

WaRu sudah membangun komitmen untuk menjadikan warga Kota Metro lebih cerdas dan berpengetahuan.

Tercatat sampai saat ini, Jum’at (07/08/2020) sudah puluhan titik yang sudah terpasang oleh Wifi WaRu, dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kota Metro.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melakukan audiensi bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Provinsi Lampung, di Or Batu Gughi, Kamis (06/08/2020).
Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham, Danan Purnomo menyampaikan ucapan terimakasih atas waktu dan kesempatannya pihak jajaran Pemda bisa bertemu langsung untuk beraudiensi terkait optimalisasi pelayanan Hukum dan HAM di Kabupaten Pesibar.

Selain itu, Bupati Agus Istiqlal mengucapkan selamat datang kepada Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung beserta rombongan di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama.

Bupati juga mendukung penuh atas dedikasi, loyalitas dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Pesibar, khususnya dalam hal harmonisasi peraturan daerah, layanan HAM serta pelayanan keimigrasian dan pemasyarakatan, kata Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyampaikan bahwa, Pemkab Pesibar mendukung Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung untuk meraih predikat WBK dan WBBM.

Sementara itu, Kepala Devisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fatmawati mengatakan terkait pembangunan yang ada merupakan salah satu bukti keseriusan Pemda. Diantaranya telah direalisasikannya jaringan listrik bawah laut di Kecamatan Pulau Pisang, dengan demikian pihak Kemenkumham mendukung otimalisasi pelayanan Hukum dan HAM di Wilayah Kemenkumham Provinsi Lampung.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kantor Imigrasi Kelas 3 Cabang Kotabumi, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sekretaris DPRD dan Kaban Bappeda.

Continue Reading

Trending