Connect with us

Apa Kabar Lampung

Perubahan APBD Lampura Tahun Anggaran 2020 Rp. 1,780 T Dengan SILPA Rp. 0

Alex BW

Published

on

Lampung Utara : DPRD Lampung Utara akhirnya menyepakati belanja daerah Pemerintah Daerah Lampung Utara pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 1,780 triliun dari sebelum perubahan Rp. 1,909 triliun.

Angka itu mengalami penurunan sekitar Rp. 129 miliar dari sebelum perubahan Rp. 1.909.724.853.980,00 menjadi Rp. 1.780.608.504.937,00 sehingga mengalami surplus atau defisit, Rp. 56.931.462.203,00 dari sebelum perubahan Rp. 32.343.500.850,00. Hingganya, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) tahun berjalan Rp. 0.

Kesepakatan Perubahan APBD Lampung Utara Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari seluruh fraksi yang hadir terhadap penyampaian hasil pembahasan Badan Anggaran yang disampaikan oleh juru bicaranya Nurdin Habim dalam Rapat Paripurna DPRD Lampung Utara tentang Pembahasan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Perubahan Prioritas Plafond Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2020, , Kamis (24/9/2020).

Ketua DPRD Lampung Utara, Romli memimpin langsung jalannya rapat paripurna tersebut dengan didampingi Wakil Ketua I, Madri Daud, Wakil Ketua II, Dedi Sumirat dan Wakil Ketua III, Joni Saputra. Hadir dalam kesempatan itu 28 anggota DPRD Lampung Utara, Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo beserta jajarannya.

Nurdin mengatakan, setelah dilaksanakan pembahasan maka Banang menyetujui bahwa anggaran belanja daerah pada perubahan APBD ditetapkan sebesar Rp. 1,780 triliun.

Kemudian untuk pendapatan daerah pada perubahan APBD ditetapkan sebesar Rp. 1.723.677.042.734,00 dari sebelum perubahan 1.000.877.381.353,00. Dan, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp. 131.271.608.713,00 dari sebelum perubahan Rp.119.774.728.528,00.
Yang merupakan sumber PAD terdiri dari, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, Dana Perimbangan, bagi hasil pajak-bagi hasil bukan pajak, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, lain-lain pendapatan yang sah, pendapatan hibah, dana bagi hasil dari provinisi dan pemerintahan lainnya dan dana penyesuaian dan otonomi khusus.

” Atas disetujuinya perubahan itu, peningkatan pendapatan diupayakan melalui intensikasi dan ekstensifikasi dan peningkatan kinerja dalam menggali seluruh sumber pendapatan. di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola pendapatan,” kata Nurdin.

Disamping itu, terus Nurdin, pemerintah harus memprioritaskan program-program yang berkenaan langsung bagi masyarakat luas terutama pendidikan, kesehatan dan sosial masyarakat disamping program-program unggulan di OPD.

” Dan mengoptimalkan realisasi penyerapan anggaran di OPD,” ujarnya.

Menariknya, sebelum meninggalkan mimbar, Nurdin memberikan masukan terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara mengenai Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang seharusnya bisa menjadi tambahan PAD Lampung Utara.

Bak gayung bersambut, Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo langsung menginstruksikan Inspektur Inspektorat Lampung Utara, Man Kodri, untuk mengkaji dan meneliti persoalan PPJ yang kini menjadi pertanyaan semua pihak.

Lalu, Budi mengharapkan agar rancangan perubahan KUA-PPAS 2020 dapat dilaksanakan dengan seefektif mungkin mengingat waktu yang sangat terbatas.

” Dan, mengenai Pendapatan Asli Daerah pun juga akan di lakukan dengan segera membuat terobosan baru dan berupaya meningkatkan pendapatan,” katanya.

Apa Kabar Lampung

Ustad Doctor Mustoto Bersama Jama’ah Asiyah Doakan Wahdi-Qomaru

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
KABAR LAMPUNG KOTA METRO

Metro —Jama’ah Pengajian Asiyah Metro dan Ustad Doctor Mustoto kunjungi kediaman  dr.Wahdi dalam rangka pengajian dan doa bersama calon Walikota dan Wakil Walikota Metro di Lamban Agung TMII Jalan Pattimura Banjarsari Kota Metro, Rabu sore (28/10/20) .

Acara pengajian di mulai pada pukul 16:00 WIB. Dimasa Pademi Covid-19 saat ini, Jama’ah pengajian yang masuk ke pintu lamban Agung TMII di anjurkan mencuci tangan terlebih dahulu di lanjutkan dengan tes suhu, jaga jarak dan wajib memakai Masker menerapkan protokol kesehatan.

Calon Walikota Kota Metro Wahdi mengucapkan selamat datang kepada Ustad Doctor Mustoto dan ibu-ibu Jama’ah Pengajian Asiyah Metro, ia mengajak Jama’ah pengajian Aisyah untuk belajar dan berdoa bersama Ustadz Toto.

“Selamat datang Ustad Doctor Mustoto, bersama juga ibu-ibu Jama’ah pengajian Asiyah yang telah hadir di posko pemenangan WaRu. semoga pengajian ini, kita dapat menambah ilmu pengetahuan dari Ustad Toto, semoga ilmu yang kita dapatkan dari kegiatan ini berguna untuk kebaikan diri kita dan do’a kita di ijabah oleh Allah SWT,” ucap Wahdi.

Hal senada disampaikan Calon Walikota Metro Qomaru Zaman di kesempatan tersebut yang turut hadir ditengah-tengah jema’ah pengajian Asiyah Metro.

“Selamat datang Ibu-ibu Jama’ah semua, mari kita bersama-sama berdoa, semoga WaRu bisa memimpin Kota Metro agar Kota Metro menjadi lebih baik dalam kepemimpinan WaRu jalur Independen, insya Allah kami tidak akan menyengsarakan masyarakat Kota Metro, karna kami tidak ada kaitannya dengan parpol apapun,” tegas Qomaru.

Dilanjutkan oleh Ustad Mustoto, ia akanselalu mendoakan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Metro jalur Independen Wahdi-Qomaru, karena kebaikannya beliau sudah teruji dan di kenal oleh masyarakat Kota Metro.

“Beliau sudah di kenal oleh masyarakat, dari segi kebaikannya gak diragukan lagi, bukan karna pak Wahdi mencalonkan diri sebagai calon Walikota, tapi memang sudah dari dulu pak Wahdi baik kepada masyarakat, dalam segi kekayaan juga pak Wahdi unggul dari Paslon lain, semoga apa yang di niatkan oleh pasangan WaRu dapat terwujud,” ucap Ustad Mustoto.

Dia menambahkan, dari dukungan masyarakat insya allah WaRu menjadi Nomor 1 di Kota Metro, Untuk kebaikan, kemajuan Kota Metro menjadi lebih baik, WaRu Independen dengan ijin allah akan memimpin Kota Metro bumi sai wawai,” terang ustad Toto.

Demi masyarakat Kota Metro, mari kita sama-sama berjuang dan ikhtiar dibarengi dengan doa agar ridho Allah SWT turun kepada kita semua dan keinginan kita semua di ijabah untuk kemenangan Wahdi-Qomaru,”tutupnya. (Mery).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Mendengar Arahan Wahdi, Warga Tionghoa Siap Dukung WaRu

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
KABAR LAMPUNG KOTA METRO

Metro — Pasangan Calon Walikota Metro Wahdi-Qomaru menerima langsung warga Tionghoa Aheng dan rekan-rekan dari Metro Timur, di Lamban Agung TMII Kota Metro, Selasa (27/10/20).

Menurut warga Tionghoa Aheng, ia siap mendukung dan beri semangat buat dr. Wahdi untuk menuju orang nomor 1 Kota Metro.

“Saya kesini Memang mendukung pencalonan dr Wahdi menjadi Walikota Metro dan saya melihat dari arahannya semoga beliau menjadi orang nomor 1 di Kota Metro, kita siap dukung dan beri semangat untuk kemajuan Kota Metro, ayo semangat,”ajak Aheng kepada pendukung Wahdi di Lamban Agung TMII Metro.

Ucapan terimakasih dr. Wahdi atas kunjungan saudara Aheng dan rekan-rekan ke Lamban, penuh rasa shukur Wahdi kepada Allah SWT telah memberikan kesehatan sehingga di beri kesempatan untuk mewakili Masyarakat Kota Metro untuk mencalonkan diri menjadi Walikota Metro jalur Independen.

“Terimakasih saudara ku telah berkunjung dan memberikan dukungan kepada WaRu untuk mewakili bagian dari Masyarakat Kota Metro atas pencalonan WaRu Independen pilihan Masyarakat, penuh rasa syukur atas nikmat yang luar biasa telah memberikan kesehatan sehingga WaRu bisa mewakili Masyarakat untuk kemajuan Kota Metro.”tutup Wahdi dalam doa. (Mery).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Debat Publik, Calon Walikota Metro dr. H. Wahdi Sp.OG Menginginkan Metro Memiliki Magnet Yang Hebat

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
KABAR LAMPUNG KOTA METRO

METRO — Calon Walikota Metro dr. H. Wahdi, Sp.OG berkeinginan membuat Kota Metro memiliki magnet yang hebat untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Hal itu dituturkannya pada debat Publik Calon Walikota yang digelar KPU setempat di Hotel Aidia Grand. Debat kandidat Calon Walikota Metro dipandu TVRI Lampung. Senin (26/10/20) malam.

Dalam strategi lima tahun kedepan jika terpilih, banyak hal yang akan dilakukan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Diantaranya, Ia ingin membentuk pengembangan ekonomi kreatif di tiap kelurahan, sehingga setiap kelurahan nantinya memiliki satu produk yang diunggulkan.

Selain itu Wahdi juga akan membangun infrastruktur untuk para petani, yang nantinya bisa meningkatkan produksi pertanian. Menurutnya masih banyak petani yang membutuhkan jalan memadai untuk membawa hasil produksi pertaniannya.

“Ini akan menjadi perhatian yang menjadi program dari 9 program misi WaRu kedepan,”ucapnya dalam debat publik.

Di bidang kesehatan, calon independen pasangan Wahdi-Qomaru akan menggratiskan BPJS kelas III. Dan meningkatkan sumber daya manusia serta membangun infrastruktur yang berkelanjutan. Wahdi juga menginginkan Kota Metro memiliki fakultas kedokteran.

Dikatakannya, membangun adalah menjadi kewajibannya bersama masyarakat. Wahdi menjawab pertanyaan dari narasumber yakni: TVRI Lampung dengan inovatif. Dikatakannya banyak hal yang akan dilakukan jika ia nantinya terpilih menjadi Walikota Metro. Terkait sumber daya manusia (SDM) Wahdi akan mengemasnya agar bisa mempunyai Daya Saing Global.

“Saya akan berbuat untuk masyarakat. Ada 9 program unggulan yang akan dilakukan WaRu, jika terpilih nanti,”tuturnya. (Mery).

Continue Reading

Trending