Connect with us

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lampung Selatan Pusatkan Shalat Idul Adha di Lapangan Korpri

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memusatkan pelaksanaan Salat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Korpri Komplek Perkantoran Pemkab setempat, Minggu (11/8/2019).

Pelaksanaan Salat Idul Adha kali ini dihadiri Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan, S.IK, MH, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM, beserta para Staf Ahli Bupati, para Asisten, serta Kepala Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Berdasarkan pantauan tim ini, pelaksanaan Salat Idul Adha yang dimulai sekitar pukul 07.00 Wib berlangsung khidmat. Bertindak sebagai imam shalat, Ustad Cahya Diansyah Al-Hafisz. Adapun Khatib dalam salat ini KH. DR. Rofiqudin Pimpinan Ponpes Ushuludin, Kecamatan Penengahan.

Mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, dalam kesempatan itu, Sekda Lampung Selatan, Fredy mengajak seluruh jamaah untuk menjadikan hari raya Idul Adha sebagai wahana untuk mengintrospeksi diri.

“Jadikan momentum ini sebagai introspeksi diri kita. Sudah sejauh mana kita mampu berkorban untuk sesama dan berkorban untuk daerah kita tercinta ini. Sehingga kita dapat mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan kedepan menjadi lebih baik dan sejahtera,” ujar Fredy.

Selain itu, Fredy mengatakan, perayaan hari raya Idul Adha dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persatuan dan kekompakan serta kebersamaan seluruh masyarakat maupun jajaran OPD dilingungan Pemkab Lampung Selatan.

Lebih lanjut Fredy menyampaikan, Idul Adha atau Idul Kurban merupakan salah satu perintah Allah SWT kepada seorang hambanya untuk lebih mendekatkan lagi kepada-Nya.

Untuk itu, dia berharap, makna Idul Kurban tahun ini mampu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai berkurban. Karena menurutnya, sesunguhnya dengan berkurban umat Islam dilatih untuk meningkatkan nilai kepedulian sosial.

“Hari raya Idul Adha ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai titik awal guna lebih memantapkan rasa kepedulian terhadap sesama umat. Dan semoga bisa menjadikan kita sebagai insan yang selalu bersyukur atas nikat allah SWT,” kata Fredy. (Eko/kmf)

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lampung Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana dan Hari Otonomi Daerah 2024

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, LTD : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang disatukan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024.

Upacara yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, digelar di Lapangan Korpri Komplek Pemkab setempat, Jumat (26/4/2024).

Hadir juga perwakilan jajaran Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan. Selain itu, upacara diikuti personel Kodim 0421/LS, Polres Lampung Selatan, para ASN dan THLS serta Tim Desa Tangguh Bencana (Destana) Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Thamrin menyampaikan, bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024 mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Thamrin menuturkan, tema itu memiliki makna untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran jajaran aparatur pemerintah daerah, akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam yang kita miliki bagi generasi mendatang.

“Melalui momen ini hendaknya dapat menjadi evaluasi dalam pemanfaatan potensi daerah. Agar apa yang menjadi kewenangan daerah dapat mendorong kemandirian daerah, sehingga otonomi daerah akan menciptakan kesejahteraan masyarakat,” kata Thamrin.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, bahwa berdasarkan Buku Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2023 yang dirilis oleh BNPB, Kabupaten Lampung Selatan menempati urutan ke-4 yang memiliki tingkat kerawanan bencana tinggi di Provinsi Lampung.

 

Terkait hal itu, Kabupaten Lampung Selatan termasuk zona merah. Selain ancaman bencana geologi seperti gempa bumi dan tsunami, pada saat musim hujan potensi bencana hidro meteorogi juga patut diwaspadai.

“Oleh karena itu, saya berharap dalam momentum ini kita dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan kita sebagai masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana,” ujar Thamrin. (Kmf/Ko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Nanang Ermanto Hadiri Rakon Kada di Gelar PDIP

Avatar

Published

on

Jakarta, LTD : Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan Nanang Ermanto ikuti rapat konsolidasi kepala daerah yang di adakan DPP PDI Perjuangan di Gedung Sekolah Partai jalan raya Lenteng Agung Jakarta Selatan Jumat 26/4/2024.

Rapat konsolidasi partai DPP PDI Perjuangan ini di pimpin langsung oleh ketua umum PDI Perjuangan Hj. Megawati Soekarno Putri, dan dihadiri seluruh kepala daerah dari partai PDI Perjuangan.

“Hari ini saya hadir mengikuti rapat konsolidasi partai, dan hal ini memang rapat khusus bagi kepala daerah dari partai PDI Perjuangan, tentunya saya sebagai kader partai dan juga kepala daerah dari PDI Perjuangan saya hadir hari ini”, ujar Nanang.

Di singgung dalam rapat ini nanti apakah untuk menentukan langkah DPP PDI Perjuangan dalam mengeluarkan rekomendasi untuk calon kepala daerah yang akan di usung partai berlambang kepala banteng ini, Nanang mengatakan, yang jelas ini rapat internal, terkait apa ada langkah-langkah partai untuk pilkada sudah pasti.

“Kalau untuk arah keluarnya rekomendasi partai, saya juga belum tau dalam rapat ini, yang jelas kepala daerah yang di usung PDI Perjuangan hari ini hadir semua, kita liat nanti apa hasil rapat ini, kalau nanti memang harus saya sampaikan hasilnya akan saya sampaikan lagi” Kata Nanang.

Untuk diketahui setiap menjelang pemilu kepala daerah, hal seperti ini memang sering dilakukan partai PDI Perjuangan, karena kader yang akan mereka usung menjelang pilkada akan di berikan pembekalan dalam sekolah partai. (RLS)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Peringati Hari Kartini 2024, Pemkab Lampung Selatan Gelar Lomba Memasak dan Menyanyi Antar Perangkat Daerah

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, LTD : Memperingati Hari Kartini ke-145 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar lomba memasak nasi goreng spesial serta lomba sambung lirik lagu antar perangkat daerah setempat.

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto digelar di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, Selasa (23/04/2024). Hadir juga Anggota Forkopimda Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua DWP Lampung Selatan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lampung Selatan, Intji Indriati, selaku Ketua Pelaksana kegiatan menjelaskan, tema Peringatan Hari Kartini ke-145 tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 yakni “Dengan Semangat Hari Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Berkarya Mengabdi Untuk Negeri Dan Bermartabat Bagi Keluarga”.

“Lomba nasi goreng ini punya syarat khusus, harus dengan bujet Rp100 ribu. Kemudian untuk lomba sambung lirik punya 3 pilihan lagu yakni Rungkad (Happy Asmara), Ceria (J-Rocks) dan juga lagu legendaris Cinta (Vina Panduwinata),” kata Intji Indriati.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengapresiasi rangkaian peringatan Hari Kartini di Kabupaten Lampung Selatan yang memaknai perjuangan serta cita-cita Raden Ajeng Kartini.

“Kami bapak-bapak mengapresiasi kepada pejuang kaum-kaum wanita. Semoga dapat meneruskan dan menularkan cita-cita Raden Ajeng Kartini kepada generasi penerus di masa yang akan datang,” ujar Nanang Ermanto.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengajak seluruh kaum perempuan di era saat ini untuk dapat mengabdikan diri dengan mewujudkan cita-cita dan potensi dalam diri dalam mendukung pembangunan bangsa Indonesia.

“Saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan para pelaku psaha yang menjadi sponsor sehingga acara hari ini dapat berjalan dengan lancar,” ucap Winarni. (Kmf/Ko)

Continue Reading

Trending